6 Masakan Tradisional Indonesia Paling Terkenal Di Dunia

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai masakannya ” Spice Islands ” dan rempah-rempah . Wisatawan , termasuk bajak laut , dari seluruh dunia datang ke Indonesia untuk ikut serta dalam rempah-rempah dari Indonesia . Di Indonesia , mereka memiliki tanah dan pantai yang sangat baik, sehingga mereka makan banyak makanan laut . Indonesia memiliki beras sebagai makanan pokok. Cina telah dipengaruhi masakan Indonesia melalui penggunaan kedelai , kubis dan teh . Mereka juga membawa mie , tumis , dan kedelai ke Indonesia . Mereka juga telah dipengaruhi oleh Eropa dan China dalam resep mereka di Indonesia. Berikut ini adalah 6 masakan tradisional indonesia paling terkenal di dunia.

1.   NASI GORENG

Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut, bahkan diwaktu presiden Barack Obama berkunjung di Indonesia sempat mencicipi Nasi Goreng khas iIndonesia.

2. BAKSO

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia.[1] Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai

3. GADO-GADO

gado gado

Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

4. RENDANG

Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.

5. GUDEG YOGYAKARTA

Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner Jogja paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan lokal maupun internasional dan menjadi khas dari Yogyakarta.

6.SATE LILIT

Sate yang satu ini memang memiliki banyak keistimewaan. Selain tusukannya yang dibuat dari batang serai yang menambah sedap aromanya, sate lilit Bali dibuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dan dililitkan ke batang serai. Sate lilit sarat bumbu dan dicampur dengan parutan kelapa, sehingga rasanya gurih dan aromanya menggugah selera.
Rasa Sate Lilit sendiri sangat khas, yakni pedas, wangi, manis dan gurih. Hmm…, selain lezat sate lilit juga sehat, karena rendah lemak dan dibuat dari ikan.

0 comments on “6 Masakan Tradisional Indonesia Paling Terkenal Di DuniaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *