Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah

Bila kita sedang berjalan-jalan ke suatu daerah untuk melancong dan berwisata maka kita pasti akan ingat kerabat di rumah yang perlu kita bawakan oleh-oleh. Sebab oleh-oleh tersebut penting untuk membuktikan bahwa kita memang benar-benar sampai ke lokasi yang dituju dan juga untuk membagi kesenangan berdasarkan makanan khas dari daerah tersebut.

Kini ada upaya untuk melakukan industri pembuatan oleh-oleh khas daerah. Jadi jangan kuatir sebab kita pasti akan menjumpai toko oleh-oleh di setiap kota besar yang kita hampiri. Selain berupa souvenir maka banyak orang yang menyukai membeli oleh-oleh berupa makanan khas daerah. Sebab pasti laku diserbu para kerabat di rumah. Lain halnya dengan oleh-oleh berupa barang yang belum tentu orang suka.

Untuk itu kita bisa memilih banyak macam makanan di toko oleh-oleh yang umumnya bisa awet lama. Namun bentuknya bisa berupa makanan basah ataupun makanan kering. Untuk itu kita perlu perhatikan makanan khas apa saja dari setiap daerah yang menarik, terkenal dan bisa menjadi ciri khas daerah tersebut.

Misalkan dari Kota Malang ada Keripik Tempe Andhika dan Pia Mangkok serta Brownies Kukus Amanda. Sedangkan dari kota Semarang terkenal dengan Ikan Bandeng Duri Lunak Juwana dan Kue Speku Istana Briliant. Sementara itu kalau dari Kota Solo ada oleh-oleh berupa Serabi Notosuman. Serabi ini termasuk kue basah namun tetap bisa awet sebab dimasak pada wajan tanah liat dengan bahan bakar kayu. Selain itu ada juga Intip yang kini telah mulai terkenal karena ada dua macam rasa yaitu manis dan asin.

Dan di Kota Yogyakarta kita bia membeli oleh-oleh berupa Ampyang, Kerasikan, Jenang, Bakpia, Geplak, Yangko dan lain-lain. Juga ada beberapa roti khas Yogya tang berisi daging gurih yang tidak ada di kota lain. Serta kalau di bali kita bisa mencari bermacam-macam oleh-oleh khas Bali baik yang berupa makanan maupun souvenir di toko Cening Ayu.

0 comments on “Oleh-Oleh Makanan Khas DaerahAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *