Adon-Adon Coro

Minuman khas jepara yang bernama adon-adon coro, minuman ini juga biasa di sebut sebagai jamu, ini karena salah satu bahan yang di gunakan adalah rempah-rempah. walaupun adon-adon coro adalah jamu tapi tidak pahit tetapi malah enak rasanya yaitu pedas, hangat, dan nikmat. Mungkin bagi sebagian orang nama adon-adon coro akan sangat aneh dan sedikit “gila”. coro dalam bahasa jawa adalah kecoa, masa ada kecoa yang jadi minuman. Secara garis besar rasa adon-adon coro seperti ronde, dominan hangat karena terdapat jahe di dalamnya.

Pada sore dan malam hari penjaja minuman adon-adon coro banyak kita jumpai di pelataran sekitar utara Alun-alun Kota Jepara. Harganya cukup murah dan dijamin dapat menghangatkan badan. Bahan untuk membuat adon-adon coro adalah : jahe, gula merah, santan, potongan kelapa muda (dibakar), dan jamu (rempah-rempah). Karena rasa adon-adon coro ini hangat, maka sangat cocok di santap dan di nikmati saat musim hujan dan dengan menyantap makanan khas jepara yang lain.

Dan mumpung sekarang masih sering hujan maka saat sedang berada di jepara anda harus menikmatinya atau jika anda ingin membuatnya juga sangat mudah, yaitu semua bahan yang saya sebut di atas (kecuali jamu) di campur jadi satu dan di rebus dengan air secukupnya, jika sudah mendidih angkat dan adon-adon coro siap di santap. Untuk jamu bisa anda masukkan atau tidak jika anda tidak berkenan. Adon-adon coro merupakan salah satu makanan daerah asal Kota Jepara.

0 comments on “Adon-Adon CoroAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *