Babat Gongso

Kali ini anda akan kami ajak kembali ke semarang ibu kota dari jawa tengah. Setelah sebelumnya sudah saya tampilkan lumpia dan tahu gimbal sekarang saatnya untuk mencicipi makanan khas semarang yang lain yang tentunya tidak kalah nikmat, Namanya adalah babat gongso.

Bagi yang baru mendengar nama makanan ini pasti akan langsung berpikir tentang makanan yang mengandung banyak kolestrol dan harus di jauhi, tetapi bagi yang sudah pernah merasakan nikmatnya maka di jamin akan sangat susah menjauhinya. Rasa dari makanan khas semarang ini pedes dan manis dalam takaran yang sesuai, plus acar yang rasanya sangat khas dan sangat pas untuk menu kita makan siang dan makin nikmat bila di tambah dengan nasi putih hangat.

Potongan babat yang direbus terlebih dahulu agar memiliki tekstru yang kenyal empuk tanpa ada perlawanan saat dikunyah. Tambahan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam, dan cabai merah plus cabai rawit merah yang bikin rasanya jadi menggigit. Warna babat gongso sedikit kecokelatan karena menggunakan sedikit kecap manis di dalamnya. Tak heran jika tone rasanya manis-manis pedas menggigit.

Sebagai salah satu makanan khas dari semarang, termasuk tidak banyak yang menjual babat gongso di Semarang. Tak heran, makanan jenis ini sangat susah ditemukan. Salah satu yang masih ada dan menjual makanan ini adalah Babat Gongso Pak Karmin yang berjualan di pinggir Kali Mberok. Jadi jika anda berkesempatan datang ke semarang tidak ada salahnya anda mencoba makanan yang satu ini.

0 comments on “Babat GongsoAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *