Jenis Kuliner Dari Sotong

Singkawang dalam bahasa Hakka disebut kuala dan gunung. Lebih dari 50% persen penduduk singkawang merupakan keturunan Tionghoa. Tak terkecuali kulinernya yang dapat di adaptasi dari lidah melayu dan tionghoa. Berikut ini adalah salah satunya jenis kuliner dari sotong antara lain sebagai berikut.

Sotong Kangkung

Sebagian orang mengira sotong adalah cumi. Padahal bentuk sotong agak lebih besar dibandingkan cumi-cumi dan dengan rangka yang lebih lunak. Bila dimasak, daging sotong pun lebih kenyal daripada cumi. Di Singkawang, sotong tak cuma dimasak untuk masakan chinesse versi seafood. Sekitar 500 meter dari wilayah kuliner malam Pasar Hongkong, ada sebuah warung yang menawarkan Sotong Kangkung.

Sekilas, mirip rujak shanghai di daerah Petak Sembilan, Glodok, Jakarta. Tapi ketika ditilik pada bahan dan bumbu ternyata sedikit berbeda meski cara pembuatannya sangat mirip. Sotong dan kangkung direbus bersamaan dalam panci yang berbeda. Lalu ditiriskan dan dipotong-potong. Selanjutnya ditata di dalam piring dan disiram kuah kental bening kecoklatan yang berasal dari asam jawa, bawang putih, tepung kanji, jahe. Lalu ditaburi kacang tanah yang sudah digerus. Makannya dengan acar timun dan sambal. Sementara rujak Shanghai di petak sembilan, glodok, jakarta, bumbu kentalnya berwarna merah muda nan pekat. Rasa tomatnya sangat terasa. Campurannya pun ada ubur-ubur rebus yang rasanya mirip bengkoang.

Sotong yang digunakan biasanya diambil dari wilayah laut natuna atau bangka belitung. Sebab daging sotong di wilayah ini lebih legit, gurih dan kenyal dibanding di wilayah perairan kalimantan. Sotong harus direndam semalaman baru bisa digunakan untuk membuat sotong kangkung. Air tawar untuk merendam pun harus dipilih. Air tanah di singkawang dianggap kurang cocok dan cepat membuat daging sotong lembek bahkan kurang segar. Untuk amannya menggunakan air pegunungan di singkawang atau air mineral kemasan.

Soal rasa, bagi pecinta seafood pasti harus mencoba. Rasa gurih dan kenyal sotong membaur dengan kesegaran kangkung yang direbus sebentar. Bumbu kental gurih dan agak masam yang disiram akan menutup rasa amis/anyir dari sotong. Acar timun akan membuat kerenyahan campuran bahan dan mengademkan mulut. Sementara sambal menjadikan rasa pedas warna tersendiri ketika menyatukannya dalam satu kunyahan di dalam rongga mulut.

Sotong Pangkung
Masih di warung yang sama. Warga lebih mengenal Sotong Pangkung. Pangkung artinya dipukul. Ini memang kuliner sederhana, unik dan lezat. Sotong kering langsung dibakar di atas bara api dari arang yang dipanaskan. Daging sotong akan melebar tapi agak menciut. Setelah dirasa cukup, sotong kemudian dipukul-pukul hingga memar namun tidak putus. Daging sotong kemudian disuwir-suwir dan ditata di atas piring. Disajikan dengan sambal yang cukup pedas. Sambal ini berbeda dengan sambal untuk Sotong Kangkung.

Rasanya seperti makan daging asap tapi agak berbau amis khas hewan laut. Dengan pelengkap sambal yang pedas, rasa amis akan tertekan dan menimbulkan rasa pedas sehingga begitu pas dengan gurihnya daging asap sotong pangkung. Jadi kalau mau merasakan sotong panggang ya bisa cobain sotong pangkung.

0 comments on “Jenis Kuliner Dari SotongAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *