Mujahir Masam Jing Khas Gayo

Bentuk dan jenis kuliner dari setiap daerah pasti memiliki rasa dan aroma berbeda. Begitu pula dengan cara pembuatan dan waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya. Semuanya sangat tergantung kepada banyak dan jenis bumbu yang harus disiapkan. Salah satu kuliner nusantara yang belum begitu terkenal, tetapi sangat mudah membuatnya adalah mujahir masam jing, menu khas masyarakat Gayo Aceh Tengah. Rasanya mirip dengan menu asam padeh dalam masakan minang, tetapi kuah mujahir masam jing lebih cair. Mungkin juga sama dengan masakan Tom Yam dari Pattani. Pastinya, cara membuatnya sangat praktis dan cepat. Rempah-rempah yang dibutuhkan sebagai bumbunya tidak terlalu banyak.

Bumbu yang dibutuhkan untuk menyajikan kuliner mujahir masam jing yang maknyus, cukup sediakan tomat satu buah, cabe merah tiga buah, kunyit setengah buah, bawang merah dua ulas, bawang putih satu ulas. Untuk tomat cukup diiris-iris, sedangkan bumbu yang lain semuanya digiling. Sebelumnya, ikan mujahir yang telah dibersihkan sisik, sirip dan isi perutnya, diberi air jeruk nipis 2 buah ditambah garam secukupnya. Ikan mujahir yang sudah diberi asam ini, biarkan selama tiga menit sampai asam dan garam masuk dalam pori-pori ikan mujahir.

Setelah tiga menit, masukkan tomat iris ditambah bumbu yang sudah digiling. Aduk bumbu itu sampai merata. Kemudian, biarkan bumbu itu meresap kedalam pori-pori ikan mujahir tersebut sekitar tiga menit, lalu masukkan air secukupnya. Untuk menimbulkan aroma yang dapat merangsang selera, masukkan daun kemangi secukupnya. Kemudian, rebus menu istimewa mujahir masam jing tadi sampai mendidih. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 10 menit. Setelah mendidih, pindahkan menu mujahir masam jing tersebut ke dalam cambung bersama kuahnya. Cium aromanya, harumnya daun kemangi dapat merangsang selera makan.

Untuk melengkapi menu istimewa ini, rebus pucuk labu siam secukupnya. Kemudian siapkan sambal dari terong belanda ditambah dua buah cabe rawit. Giling sambal ini sampai halus. Sambal terong belanda itu rasanya asam-asam pedas (nano-nano) yang nantinya dicolek dengan sayur pucuk labu siam rebus. Inilah menu kuliner khas masyarakat Gayo yang bergizi, praktis, cepat, sederhana, dan murah meriah. Hal yang paling istimewa, menu kuliner ini tidak menggunakan minyak goreng dan santan sehingga dapat diyakini cukup sehat dan bebas kolesterol. Jangan terkejut, kalau kompasianer dijamu makan di Tanoh Gayo Aceh Tengah, biasanya menu yang disajikan adalah mujahir masam jing yang maknyus. Menu kuliner mujahir masam jing ini sangat cocok untuk mereka yang sibuk, terutama para eksekutif muda yang baru berumah tangga.

0 comments on “Mujahir Masam Jing Khas GayoAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *