Nasi Pecel Madiun

Salad Jawa yang lezat dan bergizi ini identik dengan menu sarapan. Berbagai sayur rebus yang disiram saus kacang kental di atas setumpuk nasi hangat tampak sederhana namun menggoda ini makin terasa lengkap dengan berbagai lauk pauk, rempeyek kacang atau kerupuk puli. Jika beruntung, penjual akan membungkus pecel dengan daun pisang yang menambah aroma khas pembangkit selera makan. Madiun, adalah salah satu daerah yang menjadikan pecel sebagai makanan khas.

Pecel dinobatkan sebagai makanan khas di berbagai kota di Indonesia, antara lain Blitar dan Malang. Banyak daerah yang mengakui, banyak warung yang menyediakan menu pecel, tapi entah kenapa, jika keluarga besar dan teman saya datang dari luar kota, selalu menyempatkan mencicipi nasi pecel ketika mereka berada di Madiun. Kurang lengkap rasanya, jika ke Madiun, tanpa makan pecel. Dan bukan orang Madiun sejati, jika tidak mencintai pecel.

Nasi pecel Madiun ini sangat spesial dan biasa juga disebut didaerah jawa timur dengan sego pecel madiun. Nasi pecel madiun ini mudah dipraktekkan dirumah, bunda bisa dengan mudah mendapatkan bahan bahan yang akan dibuat di pasar tradisional. Pecel ialah makanan yang menggunakan sambal bumbu kacang sebagai komposisi utamanya. Tidak tahu darimana pecel berasal, beberapa daerah mengklaim mempunyai ke-khasan sendiri di tiap- tiap kota. namun menurut sejarah pecel sangat familiar di daerah karesidenan madiun, jawa timur.

Diperkirakan Pecel dari kota Ponorogo, hal itu dikarenakan adanya kuliner Sate Ayam Ponorogo dan pentol goreng (biasa disebut pentol korea, singkatan dari kota reog asli) yang menggunakan bumbu kacang sebagai komposisi utama, yang juga merupakan komposisi bumbu utama pada sajian kuliner Pecel. Makanan ini juga mirip dengan Gado-Gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan.

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihdangkan dengan alas yang berbeda seperti di atas piring lidi yang disebut ingke, pincuk daun pisang, di atas tampah bambu, sesuai dengan ciri khas kota asal pecel, biasanya berbeda karena tiap daerah memiliki ciri tersendiri. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, daun kemangi dan masih banyak variasi lain sesuai selera. Pecel asli menggunakan cita rasa yang pedas menyengat sesuai ciri masakan Jawa Timuran. Akan tetapi dalam kenyataannya Pecel dianggap sebagai makanan khas Madiun walaupun sebenarnya tidaklah demikian.

Ada beberapa tempat makan pecel yang terkenal di Madiun. Ada yang bilang warung pecel di kota ini ada dimana-mana. Ke sana, ke sini, ke situ, sebentar-sebentar ketemu orang jualan pecel. Penduduk lokal juga mencintai pecel, walau bisa dibilang mereka sudah akrab dengan kulinernya sendiri. Mungkin rasa bumbunya yang khas tidak bisa ditemui di daerah lain dan bikin nagih. Bahkan beberapa wisatawan dari luar kota yang datang akan mencari oleh-oleh khas Madiun dan salah satunya adalah bumbu pecel.

0 comments on “Nasi Pecel MadiunAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *