Dapur Nekamese

Pernah ke Kupang, Nusa Tenggara Timur? Atau jangan-jangan Anda tidak tahu Kupang bagian dari Indonesia? Seperti halnya banyak turis asing yang belum paham bila Bali adalah bagian dari Indonesia. Kupang menjadi satu dari puluhan lokasi di Indonesia yang seakan wajib saya kunjungi. Karena kota ini menjadi pusat transit jika Anda mau berkunjung ke sejumlah lokasi wisata nan indah di Nusa Tenggara Timur. Apa yang dicari setiba di Kupang? Pantai dan seafood. Karena dua hal ini bisa mengisi durasi lama menunggu pesawat untuk ke tempat selanjutnya.

Ada sebuah restoran yang harus anda kunjungi dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara El Tari. Namanya Dapur Nekamese. Dalam bahasa asli setempat, Nekamese artinya Satu Hati. Sekilas daftar menu mungkin sama dengan restoran saji masakan laut pada umumnya. Ada aneka ikan, cumi, udang, ataupun ayam. Tapi ada dua menu satu hati dapur nekamses yang patut anda coba yaitu Ikan 3 Rasa dan Sei Sapi Lada Hitam.

Menu Ikan Saus Buah

Ikan tiga rasa adalah masakan modifikasi khas chef dapur Nekamese, yang disapa Jojo. Kala itu kami mendapat ikan kakap merah yang panjangnya hampir setengah lengan saya. Ikan ini digoreng garing lalu disiram oleh saus. Nah sausnya ini yang cukup unik. Bahan dasarnya mirip saus asam manis, tapi campurannya buah-buahan seperti nanas, melon dan pepaya. Daging di daerah sini paling enak, menurut saya. Selain itu karena dekat dengan insang kita bisa tahu daging ikan masih segar atau tidak. Kali ini ikan kakap merah terbilang segar karena tekstur dagingnya lembut dengan kekenyalan yang terjaga.

Kulitnya pun tetap renyah karena sausnya disiram jadi kulit ikan tidak melempem seperti dimasak bersama sausnya. Dan ternyata, melon serta pepaya (yang tidak terlalu matang) menambah sensasi ‘kriuk’ ketika beradu di dalam mulut. Rasa buah yang tidak terlalu manis terasa pas mengalir sendiri di kerongkongan setelah mengunyah daging ikan ataupun ketika dipadankan bersamaan dengan kenyal daging ikan dan saus asam manis.

Sei Sapi Lada Hitam

Selain ikan, Kupang juga terkenal dengan olahan daging sapi. Kalau Anda ke manado, mungkin bisa membawa pulang ikan cakalang fufu. Tapi jika ke Kupang jangan lupa membawa sei sapi. Pada prinsipnya sei sapi adalah olahan daging sejenis dendeng tapi mengolahnya dengan diasap dengan kayu bakar. Jadi aroma daging yang terbakar tercium sangat. Maka bisa Anda bayangkan ketika daging asap beraroma itu dimasak satu kuali dengan lada hitam. Paduan yang pas menghasilkan aroma kuat dengan wangi rempah yang cukup dicampur dengan irisan tomat dan daun bawang.

Jika Anda butuh kuah patut dicoba sup jagung. Bukan soal kuah sup yang kental mirip cream sup, tapi jagung adalah komoditi andalan di NTT sebab rasa biji jagung yang ditanam di tanah timor berbeda dengan di pulau lain di Indonesia. Biji jagung agak lebih besar dengan tekstur kerenyahan dan tidak terlalu manis. Ditambah lagi interior restoran yang dibuat dari bahan alami seperti bambu dan atap daun kering anyaman. Adem terasa ketika duduk menyantap sajian di saung yang berada di atas kolam ikan disertai gemericik air terjun buatan.

0 comments on “Dapur NekameseAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *