durian gunung poteng

Durian Gunung Poteng

Tidak seperti pada bulan-bulan sebelumnya, Gunung Poteng dalam bulan November dan awal desember ini begitu ramai. Ada satu pesona menarik yang bisa dijumpai di sekitar kaki gunung poteng, yaitu Durian. Durian adalah buah berduri dengan isinya yang menggugah selera peminatnya dan memiliki aroma khas tersebut saat ini begitu banyak dijumpai durian gunug poteng.

Sepanjang jalan kecil yang melalui rumah-rumah penduduk bisa dijumpai buah durian tergeletak menumpuk di teras-teras rumah penduduk menunggu untuk di “lamar” oleh calon pembeli. semakin naik ke atas di penghujung kampung kita bisa menjumpai banyak pondok-pondok sederhana berdiri di sekitar batang durian yang berbuah lebat diatasnya. hutan disekitar batang durian menjadi lapang, tak sedikitpun tampak suasana angker kaki gunung poteng yang sudah jarang terjamah oleh wisatawan tersebut.

Durian poteng begitu terkenal dari dulu, berbagai macam spesies durian tumbuh disana, berbagai nama durian yang diberikan oleh pemilik batang durian atas buah duriannya menjadi kan cirikhas atau perbedaan dengan buah durian lainnya. jadi bisa di istilahkan bahwa setiap buah durian masing-masing memiliki nama yang diberikan oleh pemiliknya. Nama pada durian menjadikan pembeda pada masing-masing jenis durian yang ada, umumnya nama-nama pada durian tersebut diberikan oleh orang-orang tua sebelumnya yang lebih dulu menanam batang durian disekitar kaki gunung poteng, dan sampai turun menurun hingga sekarang.

Durian Poteng jika berbuah menjadi daya tarik bagi masyarakat di kota singkawang dan sekitarnya untuk berkunjung ke sana, pondok-pondok penunggu durian menjadi sasaran perburuan buah durian untuk di beli yang kemudian dimakan ditempat atau dibawa pulang. masyarakat lebih yakin jika langsung membeli di pondok, karena buah pasti lebih bagus sesuai keinginan, berbeda jika membeli buah durian di pasar, seperti pasar di kota singkawang yang selalu banjir buah durian jika musim durian. alasan warga karena buah durian di pasar kota Singkawang tidak semuanya berasal dari Gunung Poteng namun juga berasal dari daerah-daerah lain yang belum tentu memiliki rasa dan kualitas seperti buah durian yang berasal dari gunung poteng dan sekitarnya.

Berburu buah berduri ini langsung pada pondok pemiliknya juga merupakan perjalanan yang menyenangkan, suasana hijau pegunungan dengan udaranya yang segar menjadikan perburuan durian begitu menyenangkan. Ditambah lagi keramahan pemilik pondok yang biasanya memberikan tambahan bonus dengan membelahkan buah durian kepada calon pembeli untuk dimakan dipondok tanpa harus dibayar. Nah tertarik yuk berburu buah durian di gunung poteng yang merupakan makanan daerah khas Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

0 comments on “Durian Gunung PotengAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *