duku palembang

Duku Palembang

Sebagian kamu pasti telah mengenal dengan namanya duku Palembang. Tapi tahukah kamu kalau duku Palembang bukanlah berasal dari Palembang. Duku Palembang berasal dari OKU yang juga merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Di daerah OKU, terdapat banyak sekali duku. Dulu ketika panen, duku OKU sangat berlimpah banyaknya. Jika kamu makan sekaligus perutmu tidak akan bisa untuk menampungnya. Akibatnya banyak yang diberikan ke orang-orang secara gratis. Bahkan ada yang dibiarkan saja karena pemasaran duku ini belum dimaksimalkan secara intensif.

Pemasarannya pun masih di sekitar daerah tersebut dan kota Palembang salah satunya. Seiring dengan berjalannya waktu, orang orang semakin mengenal adanya duku ini. Dan orang-orang mengenalnya dengan nama Duku Palembang. Rasanya yang sangat manis pada saat matang dan buahnya yang kecil memberikan candu dan cukup untuk membuat mood kamu menjadi lebih baik. Jika kalian berkunjung di Palembang, jangan lupa untuk membeli oleh oleh duku. Harga duku ini di Palembang berkisaran 5000-8000 Rp/kg.

Bila panen yang berlimpah dan bersamaan, harga duku bisa anjlok menjadi 1500-2000 Rp/kg. Namun jika kalian tidak sempat berkunjung di daerah Palembang. Kamu dapat membelinya pada berbagai daerah seperti Jakarta dengan harga yang lebih tinggi. Sekitar dua kali lipat atau lebih. Setahu saya seperti di pasar Medan harga duku sekitar 18000an Rp/kg. Sedikit informasi mengenai sisi lain dari manfaat dan khasiat buah duku adalah sebagai berikut :

  1. Kayu yang berwarna coklat muda ini, begitu keras dan tahan lama biasa digunakan untuk tiang rumah dan gagang perabotan.
  2. Kulit buah dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk jika dibakar setelah dikeringkan. Kebiasaaan ini biasa dilakukan oleh Filipina
  3. Kulit buahnya juga dapat dijadikan sebagai obat anti diare.
  4. Bijinya jika dihancurkan dapat menyembuhkan demam. Kebiasaan ini dilakukan oleh penduduk setempat di Malaysia.
  5. Kulit kayu yang rasanya sepet dapat digunakan sebagai tapal untuk menyembuhkan bekas gigitan kalajengking.
  6. Dan tentunya jangan lupa, buah duku juga sangat bermanfaat salah satunya sebagai pelancar sistem pencernaan.