Membiasakan Anak Tanggap Dengan Lingkungan

Membiasakan Anak Tanggap Dengan Lingkungan

Anak Cuci Piring
Anak Cuci Piring

Mendidik anak supaya peka terhadap lingkungan sekitarnya merupakan hal yang penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Selain dapat mengasah keterampilan anak juga dapat melatih sosial serta mental anak. Pembiasaan tersebut harus dimuali dari lingkungan rumah dulu seperti melakukan pekerjaan ringan di rumah seperti menyapu, cucian piring, membersihkan kamar dan membereskan bekas makan dan bermain.

Dengan melatih pekerjaan rumah yang ringan sangat besar sekali manfaatnya terutama melatih anak supaya hidup disiplin dan bertanggung jawab. Dalam melatih jangan sampai ada paksaan terhadap anak, karena anak akan merasa bosan dan cape serta merasa terintimidasi. Oleh karena itu, ajarkan anak dengan memberikan contoh serta lakukan seperti layaknya sedang bermain. Dengan begitu anak akan lebih senang dan ingin mengulangnya secara terus menerus.

Selain memberinya contoh yang benar, kita juga mesti memperhatikannya karena anak biasanya selalu kurang berhati-hati. Seperti pekerjaan cucian piring yang beresiko pecah dan dapat melukainya. Ajarkan anak supaya tidak terpeleset dalam memegang piring yang diolesi sabun. Dengan begitu anak akan berhati-hati dan senang membantu pekerjaan ibunya.

Setelah anak mampu melakukan pekerjaan ringan di lingkungan rumah, ajarkan pula untuk respon terhadap lingkungan sekitar, seperti membuang sampah pada tempatnya, ramah terhadap tetangga, bahkan ajaklah anak ikut kerja bakti supaya anak mengerti bahwa dengan bekerja secara bersama-sama seberat dan sebanyak apapun pekerjaannya akan mudah diselesaikan. Anak juga akan tahu bahwa kita hidup membutuhkan bantuan orang lain. Dan negara Indonesia begitu menjungjung tinggi kerjasama dan gotong royong karena kemerdekaan juga hasil kerjasama, persatuan serta semangat dari seluruh warga negara Indonesia.