kue dange

Resep Dan Cara Membuat Kue Dange Khas Makassar

Mengunjungi Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner yang ada di sini. Kabupaten penghasil ikan bandeng terbesar di Sul-Sel ini selain terkenal dengan kuliner SOP juga terkenal dengan kulinernya yang lain yaitu Kue Dange. Dange adalah salah satu makanan khas dari kabupaten Pangkep. Sepintas Dange mirip dengan kue Baroncong, makanan khas Sul-Sel yang lain. Kue Baroncong memiliki tekstur yang lebih halus sedangkan dange sedikit kasar.

Orang yang baru pertama kali mencoba kue dange akan berasa manis pahit. Tapi jika sudah terbiasa memakannya kue tersebut maka rasa pahitnya akan hilang dan cuma rasa manis saja yang ada dalam kelezatan kue Dange. Kue dange ini terbuat dari beras ketan hitam atau putih, parutan kelapa muda, dan gula merah. Pembuatan dange di sini sangat yakni dengan mencampurkan ketiga bahan secukupnya kemudian dimasukkan ke dalam loyang atau cetakan dange yang sudah dipanaskan sebelumnya di atas tungku alat masak yang terbuat dari tanah liat. Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue dange khas Makassar.

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung ketan hitam.
  • 125 gram kelapa parut setengah tua.
  • 75 gram gula merah atau gula aren (sisir halus).
  • 25 gram gula pasir.
  • 1/2 sdt garam halus.
  • 150 ml air matang.

Cara Membuatnya:

  1. Pertama, kukus kelapa parut kurang lebih 20-30 menit.
  2. Selanjutnya siapkan baskom kecil, kemudian campurkan tepung ketan hitam bersama dengan kelapa parut yang telah dikukus tadi, gula merah, gula pasir, garam halus, serta air matang. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata dan tiriskan.
  3. Setelah itu siapkan cetakan kue pukis, olesi bagian permukaan cetakan dengan menggunakan margarine.
  4. Selanjutnya tuangkan adonan kedalam cetakan secara perlahan sambil adonan dipadatkan, lalu panggang adonan hingga matang.
  5. Terakhir, sajikan kue dange diatas piring saji.