Serba Serbi Resep Masakan Indonesia

Serba Serbi Resep Masakan Indonesia

resep masakan nusantara
Resep masakan nusantara sangatlah beragam. Mengingat banyaknya daerah di Indonesia, maka banyak pula kuliner khas dari daerah-daerah tersebut. Misalnya saja masakan Padang yang sudah sangat terkenal di mana-mana. Bahkan kalau kita mengunjungi daerah di luar Padang, restoran Padang ada di semua tempat. Namun tahukah kamu ada serba-serbi resep kuliner yang khas ‘Indonesia banget’?
Misalnya saja, sambal. Ya, resep masakan nusantara akan kurang bila tanpa kehadiran rasa pedas di lidah. Bahkan pernah ada info yang menunjukkan terdapat berbagai jenis sambal dengan olahan dan resep berbeda di setiap daerah di Indonesia! Ini menunjukkan bahwa memang formula sambal menjadi salah satu hal yang paling tak bisa dilupakan dari proses penyajian makanan. Sambal terasi merupakan salah satu sambal favorit di Indonesia, namun banyak pula sambal yang disukai, sambal balado, sambal udang sampai sambal yang digoreng. Jadi kehadiran sambal sebagai salah satu resep yang membuat suatu masakan sempurna rasanya tak terbantahkan bukan?
Selain sambal, kehadiran makanan berkuah juga menjadi favorit di Indonesia. Soto ayam dan sup merupakan contoh-contoh resep makanan berkuah yang disukai. Kehadiran kuah bersantan juga sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, ini bisa kita temui ketika lontong, ketupat atau opor ayam juga menggunakan kuah bersantan. Tunggu saja saat lebaran datang, kehadiran makanan bersantan ini pasti jadi favorit banyak orang!
Selain sambal dan makanan berkuah, ada lagi resep yang sekaligus bagian paling penting dalam penyajian makanan di Indonesia. Ini merupakan resep paling utama dan sifatnya tak terelakkan. Dijamin, kamu pasti menyetujuinya. Apa itu? Jawabannya adalah nasi! Ya, siapa yang bisa melewatkan makanan yang satu ini? Hidangan ikan bakar, soto sampai opor akan kurang tampak menu utama ini. Menyebut nasi sebagai resep sangat cocok karena masyarakat Indonesia pasti tak akan melewatkan makanan pokok yang satu ini. Malah tanpa nasi, makanan apapun terasa ada yang kurang saat disantap. Benar kan?
Itulah tadi serba-serbi resep kuliner yang khas Indonesia banget. Sambal, makanan berkuah, nasi dan pasti banyak lagi. Apakah kamu mau menambahkan resep andalan menu nusantara favoritmu?