Unit Kegiatan Mahasiswa IPB

Unit Kegiatan Mahasiswa IPB

UKM IPB

Dalam program kegiatan di perguruan tinggi IPB terdapat juga Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM di dalamnya. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai penyalur bakat atau hobi dari setiap mahasiswa agar mereka bisa meningkatkan bakatnya tersebut. Adapun beberapa kegiatan ini yang terdiri dari beberapa organisasi kemahasiswaan yang bertingkat universitas. Beberapa di antaranya adalah Seni dan Budaya, Kerohanian, Olah Raga, Bela Diri dan masih banyak yang lainnya.

Jika masih duduk di bangku sekolah mungkin kegiatan yang demikian dikenal dengan sebutan ekstrakulikuler. Hanya saja namanya yang berbeda namun pada program kegiatannya hampir serupa. Dengan adanya beberapa organisasi tersebut maka mahasiswa yang mempunyai bakat dan kemampuan tersebut dapat lebih mengasah kemampuannya agar lebih dikenal oleh banyak masyarakat. Apalagi jika tujuannya untuk menyejahterakan budaya bawaannya atau bahkan budaya bangsa kita.

Seperti pada organisasi UKM Seni Dan Budaya yang meliputi Paduan Suara, Lingkung Seni Sunda dan Seni Musik. Ketiga kegiatan tersebut merupakan kegiatan pelestarian budaya yang sangat baik. Setidaknya dengan adanya kegiatan organisasi ini budaya yang ada di Indonesia tetap terjaga sehingga selalu menjadi pengharum nama bangsa di mata dunia. Seperti seni budaya Sunda yaitu permainan angklung yang memang merupakan salah satu seni yang sudah populer sampai ke internasional.

UKM IPB yang tidak kalah penting adalah UKM kerohanian yang terdiri dari beberapa badan di antaranya adalah kerohanian Islam dan Kristen. Dengan adanya organisasi ini setiap mahasiswa dapat meningkatkan keimanannya kepada Tuhan yang dipercayainya masing-masing tanpa mengganggu kepercayaan orang lain. Di sini juga mereka akan belajar untuk lebih saling menghormati da menghargai sehingga membuat kehidupan di masyarakat selalu harmonis.