Masalah-masalah Diesel Generator dan Penanggulangannya

Masalah-masalah Diesel Generator dan Penanggulangannya

Diesel generator dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik yang terpercaya untuk mendukung kebutuhan listrik di berbagai kondisi. Manfaat generator ini tergolong sangat luas mulai dari tingkat paling dasar sebagai penyedia listrik saat tidak ada pasokan dari PLN, sampai sebagai sebagai sumber tenaga cadangan saat terjadi pemadaman listrik karena adanya kegagalan jaringan atau bencana alam terjadi. Namun tahukah Anda permasalahan-permasalahan yang sering muncul pada diesel generator dan bagaimana mengatasinya jika masalah tersebut terjadi saat Anda membutuhkannya?

Diesel generatorSebagai jenis generator yang paling banyak digunakan, diesel generator memiliki ketangguhan yang telah teruji dan mempunyai daya tahan yang luar biasa. Namun sebagaimana peralatan buatan manusia lainnya yang tidak lepas dari ketidaksempurnaan, diesel generator juga bisa menimbulkan masalah bagi Anda, terutama bagi yang tidak menggunakan generator tersebut secara rutin setiap hari. Kebanyakan kasus, penggunaan yang tidak rutin ini menyebabkan kelalaian pemilik untuk melakukan perawatan rutin, sehingga generator gagal berfungsi dengan baik. Beberapa masalah yang cukup sering ditemui pada generator jenis ini antara lain mesin tidak mau menyala, kebocoran pada generator, dan generator cadangan masih tetap menyala meskipun pasokan listrik utama telah kembali pulih setelah mengalami pemadaman. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang sangat mungkin untuk terjadi tersebut, Anda perlu memiliki sedikit pengetahuan mengenai diesel generator agar bisa mengatasi situasi dengan baik.

Masalah-masalah diesel generator dan penanggulangannya

Pertama, diesel generator yang tidak mau menyala pada saat dibutuhkan tentu akan membuat Anda makin berang saat pemadaman listrik terjadi. Untuk mencari penyebab generator tidak mau menyala, Anda perlu memeriksa baterai jika inisiator untuk menyalakan generator berasal dari baterai. Kedua, kebocoran komponen cair dalam generator seperti oli, bahan bakar, atau pendingin sangat berpotensi untuk membuat mesin berhenti bekerja. Mengatasi hal ini, Anda harus mengecek dengan seksama setiap bagian diesel generator dan memastikannya bersih dari kebocoran cairan. Begitu menemukan bagian yang bocor, segera tutup kebocoran secepat mungkin. Ketiga, ketika generator yang berfungsi sebagai cadangan masih tetap menyala meski sumber listrik utama telah menyala kembali, Anda perlu mengambil langka untuk memeriksa switch otomatis generator. Switch ini adalah kunci yang mengatur berapa lama generator akan tetap menyala setelah listrik utama kembali memasok listrik.

Dengan memahami tiap permasalahan serta solusinya secara komprehensif, Anda akan terhindar dari dampak buruk masalah-masalah yang mungkin terjadi tersebut. Solusi-solusi yang harus dilakukan pun relatif cepat dan tidak sulit untuk dilakukan. Meskipun demikian, hal terbaik adalah melakukan pencegahan masalah dengan mengadakan perawatan rutin secara berkala.