kuliner di shanghai

Pilihan Kuliner Yang Menarik Di Shanghai

Bagi para pecinta makanan unik, Shanghai dapat menjadi salah satu daftar tempat yang wajib Anda kunjungi. Di Old Shanghai terdapat jalan bernama Nanjing Road. Jalan ini dulu disebut dengan Nangking Road yang panjangnya 5 km. Di kawasan ini terdapat beragam wisata kuliner yang menarik untuk dicoba mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern internasional. Di sana, Anda dapat menemukan makanan khas kota Shanghai yang kebanyakan merupakan jenis Dumpling, mie, nasi goreng, dan sup. Berikut ini adalah beberapa pilihan kuliner yang menarik di Shanghai untuk dicoba saat anda berada di sana.

Xiao Long Bao

Ini merupakan semacam makanan yang dikukus di dalam keranjang bambu kecil. Dibalut dengan kulit pangsit, di salamnya terdapat daging berkuah. Cara pengolahan makanan khas Shangai ini cukup unik di mana kuah sup dibekukan terlebih dulu kemudian dipotong – potong dan dimasukkan bersama dengan daging olahan ke dalam kulit pangsit.

Guo Tie

Makanan yang juga dikenal dengan sebutan Gyoza ini merupakan semacam dumpling Cina yang digoreng menggunakan sedikit minyak. Gyoza diisi dengan udang, daging dan sayuran dan bentuknya biasanya seperti bulan sabit. Makanan ini biasanya disajikan dengan kecap dan ditambah dengan sambal atau irisan jahe.

Mie Baikut

Mie Baikut atau Mie Kaki Babi merupakan mie yang dimasak dengan kaldu kaki babu. Makanan ini rasanya kenyal dan dikombinasikan dengan daun bawang dan sayur asin.

Lebah Madu

Ini adalah makanan  tradisional yang berasal dari provinsi Yunnan. Lebah madu goreng merupakan makanan yang banyak diminati. Lebah madu digoreng dalam minyak panas dan dimbungi dengan lada dan garam.Walaupun bumbunya sangat sederhana, rasanya sangat lezat karena memiliki rasa gurih dan manis yang alami.

Ekor Babi

Masakan ekor babi ini berasal dari bagian timur China. Jika ingin mencoba wisata kuliner ini, di restoran A Ying Bao, satu mangkok ekor babi yang direbus bersama kedelai dijual dengan harga sekitar Rp 67 ribu. Di pasar basah Cina, ekor – ekor  babi biasanya dijual di dalam rendaman air garam dan sudah siap diolah. Ekor babi dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sup Darah Bebek/Ayam

Di restoran Fu Chun, satu mangkuk sup darah bebek/ayam dihargai hanya Rp 4.500,- Makanan ini merupakan makanan untuk obat penyembuhan. Masyarakat China yakin bahwa mengkonsumsi darah bebek atau darah ayam akan menambah darah dalam tubuh. Walaupun rasanya cukup aneh, sup darah ini tetap memberikan sensasi lenbut dan segar di lidah.

Lapisan Perut Sapi

Makanan ini biasanya dijual dengan harga Rp 41 ribu. Penyajiannya dapat digoreng atau berkuah. Perut sapi memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya hambar. Oleh sebab itu, makanan ini perlu bumbu tambahan agar rasanya enak.

Ular

Berada di Tongchuan Seafood Market, Anda dapat dengan mudah menemukan ular – ular yang dijual untuk dimasak. Ular tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 145 ribu sampai Rp 580 ribu per 500 gr. Biasanya ular tersebut didapat dari gunung di provinsi Jiangxi.