Reksadana

Pengelolaan Uang Reksadana

Berinvestasi di dalam pasar modal seperti rekasadana yang dikelola oleh manajer investasi reksadana berupa portofolio investasi. Portofolio tersebut baik berupa obligasi ataupun saham dan pasar uang. Investasi ini memiliki badan hukum yang jelas dan terbukti aman. Akan tetapi jika kita akan memainkannya, maka kita harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan serta kita mesti lihai dalam mengikuti perkembangan informasinya.

Dengan dikelola oleh manajer investasi reksadana, modal yang kita investasikan ditukarkan dengan surat berharga yang sewaktu-waktu bisa kita tarik dan cairkan kembali. Reksadana terbagi menjadi 2 macam, yaitu reksadana terbuka dan adapula rekasa dana tertutup. Reksadana terbuka yaitu reksadana yang sewaktu-waktu dapat dijual kembali kepada perusahaan sesuai dengan nilai aktiva bersinya. Sedangkan reksadana tertutup yaitu reksadana yang tidak dapat dijual kepada perusahaan penerbitnya.

Tinggi serta rendahnya nilai tukar dariu investasi reksadana ini yaitu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kebijakan politik serta kondisi ekonomi negara. Berbeda dengan investasi tradisional yang justru naik ketika negara dalam kondisi pergolakan politik serta menurunnya ekonomi. Tapi itulah resiko yang harus kita tanggung sendiri karena setiap apapun itu usaha kita pasti akan ada resikonya. Kita mesti kuat serta siap dalam menghadapi berbgaia resiko yang akan kita hadapi dalam kehidupan ini termasuk beberapa resiko kerugian yang akan membuat kita terombang-ambing. Semangat serta percaya diri adalah modal yang harus kita miliki.