Genset (Gerator Listrik) Berbahan Bakar Gas

Genset (Gerator Listrik) Berbahan Bakar Gas

genset

Generator listrik atau genset (generator set) telah lama menjadi andalan banyak pihak sebagai sumber tenaga cadangan di kala sumber listrik utama sedang mengalami masalah. Berbagai jenis dan ukuran mesin diesel telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dari skala kecil, menengah, hingga skala besar. Selain itu, dengan makin berkembangnya teknologi dewasa ini, jenis bahan bakar untuk mesin diesel makin variatif. Salah satu generator mesin yang mulai populer dan tergolong sangat ramah lingkungan yaitu genset yang menggunakan bahan bakar gas.

Genset (Gerator Listrik) Berbahan Bakar Gas

Bahan bakar gas dipilih karena gas mampu menghasilkan energi listrik dalam rentang daya yang cukup besar. Selain itu genset berbahan bakar gas juga bisa dioperasikan menggunakan berbagai jenis gas, antara lain gas alam, biogas, mine gas, shale gas, landfill gas, bahkan sewage gas. Adapun masing-masing gas tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan jenis gas yang bersangkutan. Jadi, mesin diesel berbahan bakar gas sangat cocok digunakan sesuai dengan jenis gas mana yang melimpah dan bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

Genset yang berbahan bakar gas bisa menghasilkan daya listrik mulai dari 400kW hingga 4300kW. Bahkan beberapa produsen ada yang menyediakan daya mulai dari 120 kW untuk kebutuhan rumahan atau kemping. Rentang daya yang bisa dihasilkan ini membuat genset berbahan bakar gas bisa digunakan di sektor domestik seperti rumah tangga, cafe, serta sektor industri seperti pabrik, perkantoran dan lainya. Untuk penggunaan di rumahan, mesin diesel dengan output sebesar 400-800 kW adalah pilihan yang tepat. Sementara itu untuk keperluan yang lebih besar lagi, genset dengan output 1000 kW hingga 4000 kW adalah yang populer dicari.

Kelebihan lain genset berbahan bakar gas adalah kemampuan mesin diesel tersebut untuk berjalan dengan baik di awal pengoperasian, serta tetap menghasilkan daya secara stabil. Genset berbahan bakar gas juga memiliki getaran dan suara yang lebih rendah dari mesin diesel solar. Hal ini terjadi karena turbin gas yang berputar dengan kecepatan tinggi hanya menghasilkan sedikit getaran dan frekuensi suara yang sangat rendah.

Dengan semakin banyaknya pengguna genset berbahan bakar gas, para peneliti telah berusaha memaksimalkan efisiensi energi dari proses kerja generator tersebut. Semakin tinggi efisiensi yang bisa dihasilkan oleh generator tersebut, maka makin aman pula lingkungan sekeliling generator ini. Genset berbahan bakar gas memiliki emisi karbon yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan generator set berbahan bakar lainnya seperti diesel atau bensin. Dengan kata lain, genset berbahan bakar gas tidak hanya bisa diandalkan pengoperasiannya, namun juga tidak menghasilkan polusi.