Seluk Beluk Jurusan Biokimia IPB

Seluk Beluk Jurusan Biokimia IPB

Biokimia IPB

Biokimia merupakan salah satu bidang studi di Institute Pertanian Bogor di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Biokimia merupakan cabang dari ilmu kimia dan biologi. Jadi, untuk kamu yang sangat menyukai mata pelajaran tersebut selagi duduk di bangku SMA, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Sementara itu, kamu yang tidak terlalu berminat dengan bidang ilmu kimia maupun biologi disarankan untuk tidak memilih jurusan ini karena apa yang dipelajari di universitas jauh lebih rinci dan kompleks dibandingkan dengan di SMA.

Biokimia mempelajari proses kimiawi makhluk hidup atau peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Biokimia memiliki tiga cabang, yakni biomolekul (Protein, DNA dan Ekspresi genetika), transduksi energi dan metabolisme (glikolisis, siklus krebs, dan transfer elektron) dan bioanalitik (enzim-enzim, makromolekul, protein, karbohidrat, dan asam nuklea). Ilmu Biokimia sangatlah luas. Kamu akan mempelajari berbagai organisme, dari yang sederhana sampai yang rumit seperti mikrobiologi (bakteri, virus, dll.).

Setelah lulus dari jurusan Biokimia IPB, kamu akan memiliki gelar Sarjana Sains (S.Si) dan dapat bekerja di industri farmakologi, industri makanan dan minuman, BPOM, lembaga-lembaga penelitian (Ballitro, Puslit Bioteknologi-LIPI, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman), PSSAP (Pusat Studi Satwa Primata), serta di industri perkebunan, kehutanan, pertanian, dan peternakan. Kamu juga mesti memiliki daya analisis yang kuat karena akan melakukan banyak penelitian dan kegiatan di laboratorium.