Tips Resep Masakan Indonesia

Tips Resep Masakan Indonesia

resep masakan indonesia

Keanekaragaman budaya Indonesia sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan masyarakatnya. Banyak hal yang menarik dan dapat dijumpai di Indonesia, salah satunya adalah soal makanan. Indonesia bisa juga dibilang “negeri” masakan dan makanan. Maksudnya adalah karena setiap daerah di Indonesia biasanya mempunyai makanan khas tersendiri yang khas dan punya rasa yang unik dan berbeda dengan daerah yang lainnya. Ini karena budaya yang telah turun temurun dari nenek moyang yang mewariskan resep makanan Indonesia kepada generasi saat ini. Ada banyak masakan yang bisa di cicipi di Indonesia.

Indonesia terdiri atas ribuan pulau dan lautan yang terbentuk menjadi satu dan disebut Nusantara merupakan rumah bagi masyarakat Indonesia yang punya keanekaragaman budaya. Meski begitu, ada yang unik dari masakan Indonesia dan berbeda dengan negara lainnya. Masakan Indonesia kaya akan bumbu rempah, seperti cabai, jahe, kunyit, kencur, gula, temu kunci, dan lain sebagainya. Bumbu rempah ini adalah salah satu hal yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia, termasuk di antaranya menjadi sasaran para penjajah yang ingin menguasai kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah. Banyak juga bumbu rempah yang ada adalah asli dari tanah Indonesia. Penggunaan bumbu rempah dalam masakan sudah berevolusi dari masa ke masa hingga sekarang ini. Namun, ada beberapa ciri khas tersendiri yang terus dipertahankan dalam setiap masakan Indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang.

Rahasia resep masakan Indonesia bukan hanya terletak pada berbagai jenis bumbu yang ada seperti rempah-rempah. Tapi juga dipengaruhi oleh cara memasak dan penggunaan teknik-teknik memasak tertentu yang sudah lama dikembangkan. Ternyata perkembangan cara memasak dan bahan yang ada juga dipengaruhi oleh berbagai budaya asing seperti Cina, Timur Tengah, Eropa, dan bangsa lain yang datang ke Indonesia. Dari situ lahirlah berbagai jenis masakan yang merupakan hasil persilangan antara budaya Indonesia dan budaya asing. Namun ciri khas Indonesia tetap dipertahankan, yaitu penggunaan rempah yang dicampur dengan takaran yang pas sehingga dapat menghasilkan takaran yang pas. Itulah yang terdapat pada Royco, bumbu penyedap yang dibuat oleh sang ahli untuk menghadirkan rasa khas Indonesia pada masakan anda dan tentu saja membuatnya lebih nikmat.