Restoran Siu Mei Hongkong

Menu Andalan Di Restoran Siu Mei Hongkong

Saat Anda mendengar istilah daging panggang, Anda biasanya akan membayangkan daging steak yang disajikan dengan salad atau daging yang dipanggang sendiri dan disantap di halaman belakang. Hal ini ternyata juga merupakan hal yang umum di Hong Kong. Di Hong Kong terdapat sebuah restoran yang dikenal dengan nama Siu Mei. Restoran Siu Mei ini menyajikan aneka daging panggang dan juga menu ayam kukus. Restoran ini menjadi tempat yang cocok untuk mencoba hidangan panggang di China.

Sangat mustahil untuk melewatkan hidangan ini di Hong Kong. Pasalnya, daging yang baru selesai dibakar akan digantungkan di dalam restoran dan akan terlihat dari jalanan. Walaupun ini cukup aneh di negara kita, namun ini adalah pemandangan yang biasa ditemukan di China. Restoran daging panggang khas China ini biasanya menyediakan berbagai pilihan menu fleksibel di mana pengunjung dapat memasangkan daging panggang dengan mie, nasi, atau bihun. Pengunjung juga diperkenankan mencicipi sampel daging-daging panggang sekali makan. Berikut ini adalah beberapa menu andalan direstoran Siu Mei Hongkong.

Daging Babi Panggang

Hidangan ini dikenal dengan nama ‘char siu’ di China yang artinya daging babi bakar. Istilah ini digunakan untuk daging babi tanpa tulang yang dimasak dengan cara dibakar di dalam oven maupun di api terbuka. Daging dibumbui dengan rempah-rempah, madu, anggur beras, dan tahu fermentasi. Tekstur dagingnya terlihat berkilauan karena karamel madu.

Bebek Panggang

Ini adalah hidangan daging bebek yang dipanggang dengan bumbu-bumbu. Daging bebek panggang yang empuk dan kulitnya yang renyah dipotong  kemudian disajikan bersama dengan saus buah plum. Hidangan jajanan dari bebek ini bernama Airplane Roast Goose dan telah menjadi  oleh-oleh populer beberapa tahun terakhir ini.

Daging Babi Bakar

Menu daging babi panggang di China tersedia dalam dua jenis yaitu siu yuk dan anak babi bakar. Siu yuk sendiri pada mulanya adalah hidangan yang hanya dijumpai pada saat perayaan desa. Dalam perayaan desa tersebut, warga akan menyembelih seekor babi kemudian dimasak. Jenis babi bakar seperti ini biasanya untuk masakan 10 kg sampai 20 kg daging babi yang telah dibumbui dalam panggangan bara api.

Daging akan dipanggang sampai bagian luarnya renyah tetapi dagingnya masih tetap terasa lembut. Dalam proses pemanggangan ini, sang koki akan menggunakan garpu yang besar untuk membuat kulit babi mengencang. Jenis daging babi bakar yang kedua adalah anak babi bakar. Sesuai dengan namanya, daging babi yang digunakan pada masakan ini adalah babi yang usianya masih muda yaitu sekitar dua sampai enam bulan. Daging babi dibakar dengan suhu yang tinggi dalam panggangan bara sampai kulitnya renyah dan dagingnya empuk. Menu kuliner babi bakar ini juga dapat dipesan di Restoran Siu Mei.