Wisata Kuliner Di Korea

Wisata Kuliner Di Korea

Apakah Anda tertarik dengan wisata kuliner di Korea? Korea memang memiliki pilihan kuliner yang beragam dengan citarasa yang berbeda dengan makanan Indonesia. Citarasa masakan Korea secara umum memiliki sentuhan rasa asam. Beberapa makanan kadang terasa hambar atau kurang garam. Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Korea Selatan dalam waktu dekat, berikut ini adalah tips dan informasi untuk membantu Anda agar lebih nyaman menikmati kuliner di Korea.

Bagi Anda yang Muslim, mencari makanan halal sepertinya menjadi tantangan tersendiri di Korea. Pasalnya, banyak makanan yang mengandung babi. Daging babi atau pork dalam bahasa Korea disebut dengan Teji Gogi. Jika ingin bertanya apakah makanannya mengandung babi atau tidak, Anda hanya perlu mengatakan “Teji Gogi?” sambil posisi tangan menyilang. Makanan asli Korea relatif mahal di restoran-restoran daripada restoran fast food. Pasalnya porsi makan orang Korea sangat banyak. Setiap kali bersantap di restoran khas Korea, pasti makanan pembuka sampai makanan penutup keluar silih berganti.

Samgyetang

Di Korea ada makanan bernama Samgyetang atau Chicken Soup. Makanan ini adalah sup ayam ginseng yang disajikan dalam mangkok berukuran cukup besar. Satu porsi masakan sup ini tersebut berisi 1 ayam tubuh. Di dalam ayam tersebut juga sudah diisi nasi dan kentang.

Kimchi

Wisata kuliner khas Korea Kimchi dapat dijumpai di mana-mana. Mau membeli menu apapun di restoran Korea, pasti selalu ada kimchi walaupun dalam jumlah kecil. Kimchi kadang juga dimasukkan dalam beberapa makanan modern seperti burger kimchi atau nasi goreng kimchi.

Kecambah

Kecambah merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam masakan Korea. Kecambah di Korea memiliki ukuran raksasa dibandingkan kecambah di Indonesia. Bagian ekornya saja panjangnya bisa mencapai 5-10 cm.

Seafood

Makanan seafood termasuk makanan spesial di Korea, apalagi yang masih benar-benar fresh. Sajian seafood di sini benar-benar masih segar.

Tentakel Gurita

Di Korea ada menu tentakel gurita. Makanan tersebut berupa tentaker gurita yang baru dipotong menggunakan gunting. Walaupun sudah di piring, tentakel tersebut masih bergerak-gerak. Tentakel tersebut dinikmati dengan cara dicelupkan ke semacam saus yang terbuat dari kecap cuka.

Fast Food

Restoran fast food seperti McD atau KFC tidak menyediakan nasi. Makanan yang ada hanya kentang goreng, ayam, atau hamburger. Saat makan di restoran fast food, setelah makan Anda harus membuang sampah sendiri dan mengembalikan nampan yang sudah disediakan.

Pizza Hut

Pizza Hut di sana harganya relatif mahal walaupun porsi Medium atau Large ukurannya lebih besar daripada di Indonesia.

Jajanan Pasar

Untuk merasakan wisata kuliner jajanan pasar ala Korea, ada banyak pilihan yang dapat Anda temukan di sepanjang jalan atau lorong subway station. Beberapa jajanan pasar khas Korea misalnya Tteokbokki (rice cake ala Korea), GyeRanBang (cake ala Korea), dan BungeopPang (cake Korea isi kacang merah).