kue kuping gajah

Resep Kue Kering Kuping Gajah

Salah satu sajian kue kering yang banyak dihidangkan di acara santai adalah kue kuping gajah. Bentuknya yang unik dan lebar menyerupai kuping gajah disertai tekstur yang renyah membuat kue kuping gajah disukai banyak orang terutama saat santai bersama keluarga. Dalam aneka resep kue kering kali ini berikut kami sajikan resep kue kuping gajah yang dapat anda coba di rumah dengan cara yang mudah.Bahan-bahan:

 

 

  • 300 gr tepung terigu
  • 50 gr blueband cake and cookies margarin
  • 75 gr gula halus
  • ½ sdt vanili
  • ¼ sdt garam
  • 1 butir telur
  • 75 ml santan, usahakan dari kelapa asli karena lebih tahan lama dibandingkan santan instan
  • 1,5 sdm cokelat bubuk

Cara membuat:

1. Campurkan margarin, garam, gula halus dan vanili jadi satu lalu aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Gunakan selalu blueband cake and cookies di setiap aneka resep kue kering agar kue yang anda hasilkan memiliki rasa dan aroma yang khas margarin dan menambah cita rasa kue tersebut.

2. Masukkan telur sambil tetap di aduk perlahan, agar adonan dapat mengembang secara perlahan. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit agar adonan membentuk tekstur yang sedikit liat agar mudah dibentuk.

3. Setelah adonan terbentuk, tambahkan santan perlahan agar adonan berbentuk kalis dan tidak lengket.

4. Setelah adonan tersebut jadi, ambil seperempat bagian lalu pisahkan. Adonan yang terpisah ini ditambahkan dengan cokelat bubuk lalu aduk merata hingga seluruh adonan berubah warna menjadi cokelat. Pipihkan menggunakan penggilas adonan. Lakukan hal yang sama pada adonan lain yang masih berwarna putih kekuningan.

5. Setelah itu ambil bagian adonan berwarna cokelat dan letakkan di atas adonan berwarna kekuningan, tekan keras hingga melekat dan menyatu kedua adonan tersebut.

6. Gulung adonan hingga padat lalu bentuk menjadi seperti silinder dan simpanlah di dalam kulkas atau lemari pendingin selama kurang lebih 2 jam sampai adonan menjadi keras.

7. Setelah mengeras, keluarkan adonan dan potong-potong secara melintang tipis. Pipihkan lagi dengan penggilas bila adonan dirasa kurang tipis.

8. Goreng adonan yang sudah tipis hingga kue matang dan kering, angkat lalu tiriskan.Aneka resep kue kering kuping gajah siap anda nikmati.