Resep Nusantara Membuat Mie Tek-tek

Resep Nusantara Membuat Mie Tek-tek

Resep Makanan Enak Nusantara Membuat Mie Tek-tek – Semua orang pasti tahu mie tek-tek, ada yang pernah mencobanya dan mungkin ada juga yang belum tahu rasanya gimana, ada yang penasaran nggak sih kenapa namanya ‘Mie Tek-Tek’?  Menurut beberapa informasi ternyata nama Mie Tek-Tek ini berasal dari wajan penjual mie yang dipukul-pukul sehingga mengeluarkan bunyi ‘tek-tek’ nah dari sanalah nama mie tek-tek tersebut diambil, lumayan unik juga ya. Mie tek-tek sangatlah mudah ditemui di beberapa daerah, namun bagaimana jika di daerah lain tidak ada yang jualan? Tenang tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan berbagi pengetahuan resep makanan enak nusantara yaitu ‘Mie Tek-Tek’ ingin tahu gimana cara buatnya? Yuk kita simak caranya berikut ini :

Resep Nusantara Membuat Mie Tek-tek

Pertama-tama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti :

Mie kering (untuk mempermudah proses pembuatan seduhlah terlebih dahulu dengan air hangat beberapa saat hingga lunak, kemudian tiriskan), minyak goreng secukupnya, sayur-sayuran (daun bawang, wortel, kubis, sawi hijau, bawang Bombay dan tomat, kemudian potong-potong kecil sesuai selera), daging (bisa dengan bakso, sosis, udang, ayam atau semacamnya), telur ayam (dibuat orak arik), kecap manis secukupnya, gula putih/gula halus, garam, penyedap rasa, kemiri, 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah dan air.

Baca juga : Soto Ayam Ceker yang Nikmat dan Bergizi, Inilah Resep Membuatnya

Selanjutnya kita mulai proses pembuatan. Terlebih dahulu haluskan bawang putih, bawang merah dan kemiri. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya agar lebih mudah untuk dihaluskan.

Lalu panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan beberapa saat sampai tercium wangi yang menandakan sudah matang. Setelah itu tambahkan air secukupnya jangan terlalu banyak.

Kemudian masukan daging yang sudah dipotong-potong tadi, biarkan sejenak sampai daging tersebut matang namun apabila ingin lebih cepat, daging tersebut bisa direbus terlebih dahulu setengah matang.

Tahap berikutnya masukan telur dan sayur-sayuran, tumis hingga sayuran tersebut layu tapi jangan terlalu lama agar vitamin yang terkandung dalam sayuran tersebut tidak banyak terbuang.

Yang terakhir, masukan bumbu (gula, kecap manis dan penyedap rasa bila perlu tambah garam lagi) secukupnya setelah itu masukkan mie dan aduk hingga merata. Siapkan piring di atas meja kemudian sajikan mie dan selamat menikmati resep nusantara mie tek-tek buatan sendiri.