Soto Ayam Ceker yang Nikmat dan Bergizi, Inilah Resep Membuatnya

Soto Ayam Ceker yang Nikmat dan Bergizi, Inilah Resep Membuatnya

Soto Ayam Ceker yang Nikmat dan Bergizi, Inilah Resep Membuatnya – Soto ayam ceker merupakan makanan Indonesia yang baru-baru ini mendapatkan perhatian dari para pencinta kuliner di Nusantara. Bagi anda yang baru merasakan dan melihat bahan utama ceker yang digunakan mungkin membuat anda merasa heran kenapa banyak orang yang suka dengan resep soto ayam ceker ini. namun jika sudah mencobanya, bumbu soto ayam ceker yang satu ini memang bisa mengundang selera. Perpaduan rasa gurih yang dipadukan dengan kaldu ayam dan bumbu ayam ceker membuat setiap orang yang merasakannya akan ketagihan, apalagi dalam proses pembuatannya pun cukup mudah.

Soto Ayam Ceker yang Nikmat dan Bergizi, Inilah Resep Membuatnya

Kalau kita lihat kaki ceker ayam memang cukup menjijikan dan terkesan jorok, tapi jika sudah melalui proses pencucian yang baik, ternyata ceker ayam tersebut memiliki kandungan vitamin dan kaldu yang banyak. Untuk lebih memastikan kebersihannya, anda bisa merebusnya di air mendidih sebentar. Bisa juga ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis, agar ceker ayam tidak bau amis dan bisa membuat rasanya tidak kalah dari soto ayam yang lainnya.

Ceker ayam mengandung gizi yang sangat baik untuk segala usia, karena di dalamnya terkandung berbagai nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Protein, Kalori, Fosfor, Kalsium, Lemak, kandungan Kolagen, Omega dan yang lainnya.

Baca juga : Resep Sayur Lodeh Pelangi

Meskipun dalam proses pembuatannya cukup mudah, mungkin resep soto ayam ceker di bawah ini bisa lebih memudahkan anda ketika akan membuatnya.

Bahan

Siapkan ceker ayam sebagai bahan utamanya yang sudah dicuci sebanyak 1 kg, lengkuas kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa, batang serai 1 pcs yang sudah dicuci besih, daun jeruk sebanyak 4 pcs yang sudah dicuci bersih, jahe sekitar satu ruas jari orang dewasa, daun salam sebanyak 2 pcs, daun bawang sebanyak 2 pcs kemudian cuci bersih dan diiris tipis, soun secukupnya kemudian direndam dengan air panas supaya lunak, tauge, daus seledri segar secukupnya, air bersih sekitar 1,5-1,7 liter, dan yang terakhir garam secukupnya.

Bahan pelengkap

Bawang putih sebnyak 4 pcs yang sudah dikupas dan diiris tipis, kunyit sekitar 1 ruas jari, kemiri sebanyak 3 pcs, bawang merah 8 siung kemudian kupas kulitnya sebelum dihaluskan, lada putih sesuai selera, minyak sayur dan minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan

Setelah semua bahan terkumpul langkah awal kita rebus dulu ayam yang ditambah dengan serai dan salam, biarkan sampai mendidih sembari sesekali diaduk. Sambil menunggu ayam matang, anda bisa menumis bumbu halusnya seperti bawang merah, kunyit, kemiri, bawang putih dan lada. Kemudian tumis bumbu halus tersebut sampai tercium bau harum kemudian masukan jahe dan daun jeruk lalu tumis lagi hingga matang. Selanjutnya anda tinggal memasukan bumbu soto yang sudah ditumis ke dalam panci rebusan ayam lalu diaduk-aduk. Masukan garam dan gula bila perlu secukupnya kemudian tinggal diaduk sampai matang. Setelah semua proses dilakukan maka soto ayam ceker siap disajikan.