membuat kue kering gurih

3 Cara Membuat Kue Kering agar Gurih dan Renyah

Kue kering merupakan penganan yang tidak hanya cocok sebagai sajian di hari raya, tetapi juga nikmat sebagai camilan. Ini karena kue kering ada banyak variasinya, sehingga tidak akan bosan untuk menikmatinya setiap saat. Namun kadangkala anda bisa saja menemukan kue kering yang rasanya kurang menggoda akibat cara membuat yang tidak tepat. Atau mungkin anda juga pernah mengalami kegagalan saat membuat kue kering. Agar tidak lagi gagal dalam membuat kering, ada baiknya anda memahami cara membuat kering berikut ini.

Panggang dengan oven

Cara membuat kue kering yang seringkali digunakan adalah dengan memanggangnya dalam oven. Biasanya cara ini digunakan untuk kue kering macam kue nastar dan kue putri salju. Setelah adonan ditata diatas loyang, adonan kemudian dimasukkan ke dalam oven yang sebelumnya dipanaskan terlebih dulu. Suhu pven sebaiknya disesuaikan. Artinya jangan terlalu panas atau dingin karena nantinya akan mempengaruhi hasil jadi kue.

Selain suhu oven harus pas, pastikan juga durasi pemanggangan kue sudah pas. Jangan terlalu lama memanggangnya karena bisa jadi akan gosong. Sebaliknya jika terlalu pendek durasi pemanggangan adonan dalam oven dikhawatirkan adonan belum matang sempurna. Selain itu biasanya kue kering yang dihasilkan jadi kurang renyah.

Goreng dalam minyak panas

Cara membuat kering yang juga sering digunakan untuk beberapa jenis kue adalah dengan menggoreng adonan dalam minyak panas. Cara ini bisa diterapkan saat anda hendak membuat kue kembang goyang dan kue bawang. Agar nantinya dihasilkan kue kering dengan tekstur renyah dan gurih, pastikan minyak benar benar panas saat anda memasukkan adonan. Pastikan juga untuk selalu menggunakan Blue Band agar tekstur dan citarasa kue bisa pas di lidah.

Gunakan Tepung yang Disangrai

Selain kedua cara pengolahan diatas, ada satu cara membuat kue kering atau lebih tepatnya teknik agar kue kering lebih renyah, yaitu dengan menggunakan tepung sangrai. Jadi tepung terigu disangrai terlebih dulu dengan api kecil agar tingkat kelembabannya berkurang. Baru setelah itu tepung digunakan bersama dengan bahan lain. Cara ini terbukti dapat meningkatkan kerenyahan kue kering yang anda buat. Yuk, langsung praktikkan sekarang juga.