Mengenal Pola Makan Penderita Diabetes

Mengenal Pola Makan Penderita Diabetes

Pola makan penderita diabetes perlu diperhatikan baik-baik. Mulai dari jadwal, jumlah dan jenis makanan yang dimakan. Penderita diabetes mempunyai kecenderungan kandungan gula darah yang tidak terkontrol. Maka dari itu, perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang perlu diatur dengan baik dan benar.

Kebutuhan makan untuk pendeirta penyakit diabetes tidak hanya untuk kenyang. Namun makanan bisa menjaga kadar gula dan memberikan terapi terbaik untuk penderita diabetes.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenal pola makan penderita diabetes, antara lain :

1. Jadwal Makan

Jadwal makan untuk diabetes minimal enam kali sehari. Dengan pembagian tiga kali mkan besar dan tiga kali makan kecil. Hal ini perlu supaya lambung tidak kosong dan asupan gula tetap stabil, tidak turun dan tidak melonjak secara drastis. Jadwal makan dalam hal ini perlu dipatuhi. Usahakan makan tepat waktu. Jika terlambat dan tidak teratur akan dikhawatirkan terjadi penurunan kadar gula. Biasanya ditandai mual, pingsan dan pusing.

2. Porsi Makanan

Porsi makanan untuk diabetes perlu diperhatikan. Porsi makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak, namun harus secara rutin dan sering. Maka dari itu, atur porsi makanan dalam jadwal makan sehari-hari.

3. Jenis Makanan

Jenis makanan untuk diabetes ini sangat berkaitan dengan naik turun gula darah. Asupan gula berasal dari makanan yang dimakan. Maka dari itu, perlu untuk memperhatikan jenis makanannya. Sebaiknya konsumsi makanan yang sangat efektif untuk penderita diabetes.

Adapun contoh makanan yang perlu untuk dihindari bagi penderita penyakit diabetes adalah mie, pasta, nasi, kafein seperti kopi, kentang yang digoreng, roti putih terbaut dari tepung putih. Sedangkan jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes adalah jeruk bali, apel, tomat, alpukat, stroberi, kentang dipanggang, minyak zaitun, susu dan bawang merah. Itulah pola makan untuk diabetes yang perlu diketahui. Untuk mendapatkan berbagai macam informasi tentang kesehatan bisa langsung mengunjungi futuready. Salah satu situs terbaik dan terpercaya menyajikan berbagai macam informasi yang bermanfaat.