Tips Jitu Memilih Bahan Coklat Untuk Pembuatan Kue

Tips Jitu Memilih Bahan Coklat Untuk Pembuatan Kue

Ketika Anda ingin membuat sebuah kue coklat kering, salah satu bahan utama yang harus Anda persiapkan ialah coklat. Tentu saja, coklat ialah bahan dasar untuk membuat kue ini selain tepung. Bukan hanya menjadi bahan dasar, coklat ini juga biasanya menjadi pelengkap atau topping pada kue. Lantas, bisakah Anda memilih coklat untuk pembuatan kue ini?

Ada berbagai macam jenis untuk coklat masak yang berada di toko bahan kue, saat berada di sana, jangan merasa bingung. Berikut berbagai jenis coklat serta contoh penggunaannya yang cocok bagi Anda yang akan membuat roti coklat kering, antara lain :

  • Coklat polos. Coklat ini sering sekali di sebut dengan plain coklat. Ia mempunyai kandungan coklat mulai 40% hingga 50%, ia memiliki kandungan gula yang lebih minim. Coklat ini biasanya digunakan untuk campuran biskuit, adonan brownies, hingga campuran pudding,
  • Coklat dengan masak pekat. Ia sering sekali disebut dengan dark coklat. Mempunyai kandungan lemak 70% hingga 85%, mempunyai rasa yang sedikit pahit dan kadar gula yang lebih rendah bila dibanding dengan coklat tawar. Jenis coklat ini sangat sering digunakan untuk pembuatan permen, tart, serta es krim,
  • Coklat masak putih. Coklat yang berwarna putih ini terbuat dari vanili, susu, gula, serta cocoa butter. Ia digunakan sebagai campuran biskuit, es krim, cake. Bila ingin memperoleh rasa yang nikmat pilih yang mempunyai kandungan vanili.

Ketika memilih coklat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kadar yang berada di dalam kemasan. Kadar coklat ini biasanya pada bentuk persentase yang berada di kemasan serta menunjuk ke banyak kandungan coklat yang murni di coklat tersebut. Semakin tinggi kandungan coklat murni yang berada di dalamnya, biasanya harganya juga semakin mahal.

Coklat yang baik untuk adonan kue coklat kering seringnya cocok menggunakan coklat masak atau coklat bubuk, untuk coklat bubuk akan lebih baik bila Anda mencairkannya dengan sedikit air hangat sebelum penggunaan. Bila ingin menggunakan coklat bubuk dengan penggunaan tidak larut, akan lebih pas jika mencampur coklat dengan terigu.