Tips Memasak Telur Setengah Matang

Tips Memasak Telur Setengah Matang

Bagi masyarakat yang belum pernah memasak telur setengah matang pasti sulit untuk melaksanakannya, begitu pun sebaliknya. Memang untuk memasak telur setengah matang itu sulit dan perlu tips khusus supaya nanti memberikan hasil yang sempurna. Namun tips yang telah ada dalam pembuatan telur setengah matang itu belum memberikan hasil yang maksimal. Walaupun maksimal harus mengeluarkan biaya dan peralatan yang banyak.

Namun dengan menggunakan tips memasak telur setengah matang berikut ini akan jauh lebih mudah untuk mempraktekkannya, yaitu:

  • Siapkan dahulu air secukupnya yang dimasukkan ke dalam panci. Jangan terlalu banyak airnya dan pastikan jumlah air yang akan digunakan mampu untuk menenggelamkan telur ayam ketika dalam panci.
  • Air harus dididihkan dahulu dengan menggunakan api besar.
  • Jika air sudah mendidih, maka segera untuk mengecilkan apinya atau bisa juga untuk dipadamkan sebentar. Setelah itu, bisa memasukkan telur yang akan digunakan sebagai telur setengah matang pada bagian dalam panci. Laksanakan dengan hati-hati supaya telur tersebut tidak mudah pecah dan bagian tangan tidak terkena air panas.
  • Jika telur sudah dimasukkan, maka bisa mendidihkan kembali airnya dengan menggunakan air panas kurang lebih 1 menit sambil selalu di aduk dengan menggunakan spatula. Pastikan air yang ada dalam panci terus bergerak dan pastikan juga untuk semua bagian yang ada pada telur terkena panasnya air yang ada di bagian bawah panci. Hal ini penting supaya nanti bagian putihnya telur mampu matang secara merata.
  • Setelah itu, bisa mematikan api. Aduk sebentar kurang lebih 10-20 menit lalu angkat telurnya dan bisa langsung disajikan.

Itulah tips untuk memasak telur setengah matang yang simple, mudah dan tidak membutuhkan alat dan biaya yang banyak. Dengan menggunakan tips di atas dipastikan telur ayam akan matang secara merata di bagian putihnya dan bagian kuningnya akan memberikan hasil setengah matang. Kandungan telur ayam setengah matang sangat tinggi nutrisinya dan bisa dijadikan makanan pokok ketika sarapan.