Kiat Belanja Hemat Ini Bisa Kamu Coba

langkah menghemat uang

Siapa yang dapat menyangkal bila tanggal gajian yaitu satu diantara tanggal paling mengasyikkan didunia? Tiap-tiap tanggal 1 atau tanggal 25 tiba rasa-rasanya semua capek serta kelelahan bekerja menguap ke hawa. Masuknya upah ke rekening menandai kebebasan untuk belanja beberapa barang yang telah diinginkan demikian lama. Namun seperti siklus hidup yang lain, kebahagiaan lantaran upah baru tiba dapat beralih saat itu juga bila tak waspada dalam membelanjakannya.

“Puff! Mendadak duit upah itu terasanya melayang demikian saja. ”

Apakah anda satu diantara korban yang kerap kehabisan duit sebelumnya tanggal gajian tiba? Kerap bingung uangmu habis ke mana saja? Bila anda terasa masuk kelompok ini, panduan berbelanja irit dari Hipwee serta Sepulsa ini pas buat kamu cobalah.

1. Tiap-tiap tanggal gajian tiba, redam keinginan berbelanja dengan bikin daftar keperluan yang perlu anda bayar di muka. Anda bakal sadar : uangmu nyatanya tidak sejumlah yang disangka

Satu diantara penyebabnya kita kerap kalap berbelanja yaitu lantaran kita terasa mempunyai banyak duit yang dapat dipakai di rekening. Dampak psikologis pasca gajian bikin kita terasa jadi “orang kaya” — lantaran rekening terisi penuh sesudah kosong terlebih dulu. Efek dari perasaan ini tak main-main : anda dapat impulsif pesan barang dari on-line shop, gesek sana-sini di mall lantaran terasa miliki banyak duit.

“Semuanya pada akhirnya berbuntut pada tragedi kantung tidak tebal sebelumnya waktunya. ”

Supaya keinginan berbelanja impulsif tak akan datang, lakukan untuk membayar semua tagihan di muka. Selepas upah ditransfer ke rekeningmu, segera pisahkan beberapa duit untuk keperluan teratur. Bayar kost, duit makan satu bulan, bayar angsuran motor atau mobil, hingga cost beli pulsa — pisahkan beberapa duit ini dari rekening yang ada.

Kalkulasi semuanya pengeluaran dengan detail serta detil, hingga duit yang tersisa di rekeningmu memang sungguh-sungguh dapat dipakai untuk penuhi keinginan berbelanja. Menerapkan langkah tersebut bakal membuat kamu sadar kalau uangmu nyatanya tak sejumlah yang disangka. Bila uangnya telah terbatas, tentu fikir 2 x dong untuk impulsive shopping?

2. Tentukan tanggal keramat yang jadi hari berbelanja pribadimu. Terkecuali di tanggal itu, cuma duit untuk keperluan sepele yang bisa keluar dari dompetmu

Tentukan satu tanggal keramat yang jadi hari belanjamu lewat tumblr. com

Perlakukan peristiwa berbelanja seperti hari pertemuan dengan pacar LDR yang perlu disiapkan sebaik-baiknya. Amunisimu harusnya siap dari jauh-jauh hari : dari mulai daftar belanjaan, baca review dari beragam sumber supaya tak salah tentukan product, hingga survey toko yang tawarkan harga termurah.

Supaya sistem belanjamu semakin terukur, tentukan juga tanggal yang jadi tanggal berbelanja bulanan. Di hari itu anda bebas berbelanja untuk keperluan teratur bulanan serta bisa juga beli barang dambaan dengan duit yang tersisa. Buat hukum tidak tercatat bila ada barang yang lupa dibeli di hari itu yang harga nya diatas 100 ribu, jadi anda mesti bertahan hidup tanpa dia selama bln..

Dengan langkah tersebut uangmu semakin lebih aman dari pengeluaran-pengeluaran mendadak. Siasat ini dapat juga menjauhkanmu dari kunjungan kurang utama ke mini market yang membuat kamu kerap tergoda beli barang yang kurang dibutuhkan.

3. Berangkatlah berbelanja waktu perutmu kenyang. Bila tak kuat iman, janganlah juga berani mendorong trolley di lorong penuh barang menggiurkan

Berangkatlah waktu perut terasa kenyang, serta janganlah berani bawa trolley lewat pinterest. com

Satu riset yang dikerjakan oleh University of Minnesota tunjukkan kalau mereka yang pergi berbelanja dengan perut kosong condong lebih impulsif dalam memastikan pilihan barang belanjaan. Rasa lapar nyatanya dapat beralih jadi keinginan untuk mengambil apa sajakah yang ada di depan mata.

Supaya “kecelakaan” lantaran sangat banyak berbelanja tidak berlangsung kepadamu, yakinkan perutmu telah terisi sebelumnya pergi ke toko berlangganan. Perut yang kenyang bakal membantumu memikirkan lebih jernih dalam mengambil keputusan mana barang yang betul-betul anda perlukan serta mana yg tidak.

Diluar itu, bila anda sadar keteguhan hatimu belum cukup teruji janganlah sekali-kali membiarkan diri berbelanja dengan trolley. Jinjing keranjang plastik yang bikin sakit tangan itu saja, supaya barang yang anda masukan tak melebihi yang semestinya.

“Trolley + keinginan berbelanja menggebu + iman yang kurang kuat = bunuh diri di depan kasir. ”

4. Tiap-tiap pergi berbelanja yakinkan anda setia pada daftar yang telah di buat. Tentukan juga supermarket besar yang pilihan barangnya komplit

Menghambalah pada daftar yang telah kamu bikin sendiri lewat tumblr. com

“Loh, bukannya bila pergi ke supermarket besar itu jadi buka kesempatan untuk lapar mata ya? Jadi boros dong.. ”

Eits, janganlah salah! Malah supermarket besar yang barangnya komplit kerap tawarkan potongan harga untuk menggunakan stoknya. Cepatnya stock barang baru datang memaksa mereka menggunakan stock lama yang semakin mendekati saat kadaluarsa. Di sinilah kesempatanmu memperoleh potongan harga.

Supaya anda tak lapar mata, yakinkan sistem belanjamu didampingi daftar belanjaan detail yang telah kamu bikin terlebih dulu. Bila anda dapat setia pada daftar belanjaan yang telah kamu bikin sendiri jadi dompetmu dapat aman hingga akhir bln. kelak.