Daftar makanan rendah kalori untuk diet sehat

Daftar makanan rendah kalori untuk diet sehat

bitobe.net – Ketika menjalankan program diet, mengatur jumlah asupan kalori adalah inti dari program diet tersebut. Oleh karena itu tidak semua jenis makanan dianjurkan untuk dikonsumsi saat melakukan program diet. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tinggi wajib dihindari. Karena kalori yang masuk dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh harus seimbang. Daftar makanan rendah kalori untuk diet sehat harus dikonsumsi pada saat melakukan program diet. Hal tersebut dikarenakan agar berat badan mengalami penurunan lebih cepat.

Selama anda mematuhi aturan nutrisi dalam menjalankan program diet, maka diet yang anda lakukan tersebut akan tetap aman. Akan tetapi apabila anda menderita penyakit medis tertentu yang mempengaruhi metabolisme, sistem pencernaan dan kadar gula darah maka anda harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengubah pola makan untuk menjalankan program diet. Beberapa makanan rendah kalori untuk diet yang dapat dikonsumsi antara lain :

  • Buah apel

Buah apel ini adalah buah yang sangat populer untuk dikonsumsi bagi seseorang yang melakukan program diet. Karena buah apel hanya mengandung sekitar 65 kalori dan buah apel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Buah strawberry

Buah strawberry memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu sekitar 49 kalori per 5 ons. Buah strawberry sangat baik untuk dijadikan sebagai makanan rendah kalori untuk diet yang memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme energi. Selain kandungan antioksidan buah strawberry dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah penyakit kolesterol, kanker dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

  • Buah semangka

Buah semangka merupakan buah yang memiliki rasa segar yang hanya mengandung 9 kalori per ons. Selain itu buah semangka juga mengandung antioksidan lycopene yang mencegah penyakit jantung, stroke dan kanker.

  • Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan kalori hanya sekitar 7 kalori per ons. Dengan kandungan zat gizi yang terdapat di dalamnya membuat bayam menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai makanan rendah kalori untuk diet.

  • Wortel

Wortel merupakan sayuran yang memiliki warna orange dengan kandungan kalori 50 kalori per 4 ons. Wortel memberikan manfaat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Agar mendapat manfaat yang maksimal dari wortel maka cara mengkonsumsinya disarankan dalam keadaan mentah seperti dijadikan sebagai jus atau salad.

Baca juga artikel resep : Berbagi resep Martabak Enak di Bandung