Kuliner Khas Makassar yang Harus Dicoba Saat Datang ke Sini

5 Kuliner Khas Makassar yang Harus Dicoba Saat Datang ke Sini

Datang ke Makassar tidak mencoba beragam kuliner khasnya terasa bagaikan sayur tanpa garam alias tidak sedap, tidak enak. Indonesia kaya akan masakan khas daerahnya, begitu juga dengan Makassar. Mulai dari kuliner ringan untuk makan besar, jajanan untuk mengganjal perut, hingga sajian minuman untuk menghilangkan dahaga Makassar punya itu dan semua kuliner Makassar memiliki cita rasa yang khas dan tentu lezat-lezat. Nah, berikut 5 diantaranya :

Coto Makassar

Coto Makassar telah menjadi kuliner khas Makassar yang sudah begitu terkenal di masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah pun bahkan telah ada berdiri rumah makan yang menyediakan Coto Makassar. Bahan utama dari Coto Makassar ini sendiri adalah daging sapi yang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu khas dan untuk menyantapnya sangat cocok saat masih hangat bersama dengan ketupat atau buras.

Mie Titi

Mie Titi menjadi sajian yang telah populer di Sulawesi Selatan semenjak era tahun 70an silam. Mie yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni mie yang digunakan adalah mie kering dan lebih tipis ketimbang mie pada umumnya. Mie yang disajikan biasanya dipadukan dengan kuah kental, irisan ayuam, jamur, hati, udang, cumi, sampai dengan sayuran dan bawang gopreng juga.

Pisang Epe

Saat berada di Makassar dan merasa perut lapar, Pisang Epe bisa menjadi solusi untuk mengganjal perut. Jajanan khas Sulaersi ini memiliki cita rasa yang lezat. Seperti namanya, Pisang Epe berbahan dasar buah pisang, namun yang digunakan adalah buah pisang yang tidak terlalu masak kemudian diolah dengan cara dipipihkan dan dibakar hingga sedikit gosong. Penyajiannya sendiri disandingkan dengan saus gula merah, jadi saat memakannya dicelupkan terlebih dahulu ke saus gula merah.

Jalangkote

Selain pisang epe, kuliner Makassar yang cocok untuk mengganjal perut adalah Jalangkote. Jajanan yang satu ini sekilas mirip dengan kue pastel. Yang membedakannya dengan pastel adalah Jalangkote punya kulit lebih tipis dan isinya sendiri adalah tumisan wortel, kentang, tauge, doun, bawang merah, bawang putih, garam dan juga merica. Jajanan khas Sulawesi ini biasanya disajikan bersama dengan saus tomat.

Es Pisang Hijau

Dahaga akan hilang dengan menyantap Es Pisang Hijau. Es ini berasal dari daerah Aging Mamiri namun telah populer di banyak daerah. Bahan-bahan untuk membuat Es Pisang Hijau antara lain adalah pisang raja atau pisang kepok, kombinasi pisang bersama tepung beras kemudian ditambah dengan bubur, sirup, dan juga es serut. Kesegaran Es Pisang Hijau ini bakal membuat siapa saja yang mencobanya bakal ketagihan.

Baca Juga : Makanan Khas Kota Bandung yang Punya Keunikan Tersendiri