Makanan Khas Kota Bandung yang Punya Keunikan Tersendiri

Makanan Khas Kota Bandung yang Punya Keunikan Tersendiri

Bandung adalah salah satu daerah di Indonesia yang selain terkenal dengan kota wisata, juga terkenal dengan kulinernya. Kuliner khas Bandung memiliki cita rasa lezat dan juga punya keunikan tersendir. Kelezatan dan keunikan inilah inilah yang membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang ini pun selalu merasa ingin terus mencoba. Jadi sangat disayangkan jika memiliki kesempatan datang ke Bandung tapi tidak mencicipi beragam kulinernya yang lezat-lezat. Nah, ini dia beberapa kuliner khas Bandung yang bercita rasa lezat dan punya keunikan tersendiri :

Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas Bandung yang harus dicoba saat datang ke Kota Kembang ini adalah Nasi Tutug Oncom. Dari nasinya saja, kuliner ini sudah lezat karena diolah terlebih dahulu dengan cara dibakar bersama dengan bumbu oncom. Inilah keunikan dari Tutug Oncom. Biasanya Nasi Tutug Oncom dihidangkan bersama dengan ayam, sayuran ataupun sambal.

Mie Kocok

Mie Kocok telah menjadi salah satu kuliner Bandung yang sudah terkenal di berbagai daerah. Kenapa disebut dengan Mie Kocok ? Karena penyajiannya sendiri diproses dengan cara diaduk dan juga dikocok. Mie yang dihidangkan untuk Mie Kocok dipadukan nbersma dengan beberapa sayuran seperti tauge salah satunya, kemudian dilengkapi juga dengan kikil sapi yang empuk.

Lotek

Lotek kurang lebih agak mirip dengan pecel yang ada di Jawa Timur, dimana kuliner ini menyajikan berbagai macam sayuran yang sudah direbus, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Tapi keunikan dari Lotek sendiri adalah sebagai bahan sambal di samping kacang, kerap kali dilengkapi juga dengan tempe. Terus juga bumbu Lotek adalah perpaduan terasi, bawang putih dan juga gula merah. Inilah yang membedakan Lotek dengan Pecel, jadi cita rasa Lotek lebih manis.

Tumis Ulukutek Leunca

Kuliner khas Bandung yang satu ini memang sangat unik dari namanya. Ulukutek sendiri artinya adalalah oncom, jadi Ulukutek Leunca merupakan kuliner yang berbahan dasar buah leunca yang dipadukan dengan oncom dan dimasak bersama beberapa bahan lainnya seperti cabai rawit, kaldu sapi, bawang merah dan putih, lengkuas dan lain sebagainya.

Nasi Timbel

Kuliner khas Bandung yang lezat dan unik selanjutnya adalah Nasi Timbel. Nasi Timbel sendiri merupakan nasi putih biasa, namun keunikannya adalah dibungkus memakai daun pisang. Jadi saat disajikan bersama dengan lauk pelengkap dan sambal, nasinya sendiri memiliki aroma yang khas dari daun pisang.

Baca Juga : Resep Masakan Indonesia Praktis Semur Ayam Kentang Ala Royco