Minuman Khas Bandung Harus Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Kembang

Minuman Khas Bandung Harus Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Kembang

Kuliner khas Bandung bukan di sektor makanan saja. Bandung juga punya beragam minuman yang khas. Ada yang segar dan cocok disantap saat udara sedang panas, ada juga yang hangat dan cocok diminum saat musim hujan. Semua kuliner minuman khas Bandung punya ciri khas dan juga tentu punya cita rasa yang khas dan anda tidak boleh melewatkan untuk mencicipinya saat berkesempatan datang ke kota Kembang ini. Nah, apa saja minuman khas Bandung tersebut ? Berikut ini 5 diantaranya :

Bajigur

Mulai dari kuliner minuman khas Bandung yang disajikan hangat, yakni Bajigur. Bajigur adalah minuman hangat khas masyarajat Sunda yang sangat cocok disantap di kala musim hujan datang. Bahan untuk membuat Bajigur adalah gula aren dan santan. Biasanya juga dikombinasikan bersama dengan vanili, jahe dan juga garam.

Bandrek

Masih di sekitar minuman hangat. Selain Bajigur, Bandung juga punya minuman hangat yang dinamai sebagai Bandrek. Bandrek sangat cocok untuk mengangatkan tubuh karena bahan-bahan dasar yang digunakan antara lain adalah jahe dan juga gula merah. Bahkan ada juga yang ditambahkan dengan beberapa rempah-rempah lainnya. Ada yang ditambahkan dengan serai, pandan, atau bahkan juga susu. Jadi memang minuman yang satu ini sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin.

Es Cendol

Sekarang beralih ke kuliner minuman khas Bandung yang dingin, yang cocok disantap saat panas mulai datang di siang hari. Salah satu minuman dingin khas Bandung adalah Cendol. Sendol sendiri dibuat dari tepung beras yang kemudian diolah menjadi bulir-bulir kecil berwarna hijau. Es Cendol tersaji dari kombinasi cendol bersama dengan gula merah, santan dan lengkap dengan es serut ataupun es batu.

Es Goyobod

Es Goyobod adalah minuman segar dari Priangan. Bahan dasar untuk membuat Es Goyobod adalah teoung sagu aren yang diolah menjadi seperi agar-agar yang kemudian disajikan bersama dengan santan kelapa, es serut, sirup, roti manis, dan susu kental. Biasanya juga bisa ditambahkan dengan alpukat.

Es Lilin

Minuman segar khas Bandung selanjutnya adalah Es Lilin. Minuman ini sendiri seperti es krim karena disajikan dalam keadaan beku. Pembuatannya sendiri berasa dari santan yang dipadukan bersama dengan susu dan juga gula. Sekarang ini varian rasa Es Lilin khas Bandung sudah banyak, mulai dari melon, leci, stawberry, anggur, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Makassar yang Harus Dicoba Saat Datang ke Sini