Cerita Rakyat Indonesia

Anak-anak cenderung menyukai cerita-cerita dongeng. Orangtua umumnya akan menceritakan cerita dongeng anak ini sebagai pengantar tidur. Ragam cerita yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari cerita dongengn yang berupa cerita rakyat dari Indonesia sampai dengan cerita mengenai putri-putri Disney dari luar negeri. Cerita rakyat Indonesia juga sangat beragam, mulai dari cerita-cerita fabel atau cerita mengenai binatang, sage atau cerita mengenai dewa-dewa, mitos hingga legenda. Cerita rakyat yang bisa didongengkan ini umumnya tak sekedar hiburan namun juga ada pelajaran yang bisa kita ambil darinya. Selain memberikan hiburan, cerita rakyat ini juga memiliki nilai edukasi sehingga sangat baik untuk diceritakan pada anak-anak.

Cerita dongeng anak yang disukai biasanya berupa fabel karena ceritanya sederhana, mudah dimengerti dan dipahami serta tetap memilki nilai edukasi untuk anak. Salah satu fabel yang terkenal adalah Si Kancil. Variasi cerita Si Kancil sendiri sangat beragam. Si Kancil diceritakan sebagai binatang yang cerdik namun juga licik. Dalam salah satu cerita, Si Kancil dikisahkan hendak mencuri timun namun kemudian tertangkap. Versi cerita lainnya mengisahkan Si Kancil yang mengajak adu lari dengan seekor siput. Si Kancil yang merasa jumawa dan bangga akan dirinya sendiri lalu dikelabui oleh siput dan teman-temannya sehingga Si Kancil berhasil dikalahkan. Kisah Si Kancil memberi pelajaran pada anak-anak untuk tidak meremehkan orang lain.

Orangtua bisa menceritakan kisah ini dengan menarik, misalnya dengan memakai boneka jari, kertas atau barang penunjang lainnya. Dongeng yang terkenal ini bisa diceritakan menjelang tidur pada malam hari ataupun pada waktu bersantai bersama anak di siang hari. Bercerita kepada anak menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sang buah hati. Agar suasana semakin hangat, orangtua bisa menambahkan selingan makanan ringan atau minuman hangat. Salah satu minuman hangat yang bisa dipilih adalah teh Sariwangi karena memiliki aroma serta rasa yang sangat khas. Kegiatan berbagi cerita dongeng anak akan menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Selamat mencoba.