Investasi Bisnis Di Indonesia & Pengertiannya

Investasi atau penanaman modal merupakan sebuah istilah dalam bidang ekonomi dan keuangan di mana lebih lanjut investasi itu sendiri dijelaskan sebagai usaha penanaman modal dengan membeli barang produksi atau modal yang bersifat tetap dan memberikan nilai tambah sehingga dapat diperoleh keuntungan di masa depan. Kegiatan berinvestasi sekarang ini tidak hanya dikenal oleh para kaum pembisnis melainkan juga mulai dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, karena sekarang sudah semakin berkembangnya pemikiran masyarakat akan pemenuhan kebutuhan di masa depan. Begitu juga dengan investasi bisnis dalam sekala besar yang dicanangkan oleh pemerintah demi kemajuan bangsa.

Investasi bisnis yang dilakukan di dalam negeri oleh pemodal dari dalam atau luar negeri memiliki pengaruh posiif bagi kemajuan bangsa, karena melalui penanaman modal ini maka didapatkan pemasukan baik untuk logistik hingga membuka lapangan kerja baru. Indonesia sebagai tujuan investasi memiliki potensi besar karena Indonesia memiliki angkatan kerja pada usia muda yang berkualitas, ketersediaan sumber daya alam yang kaya, stabilitas politik, pasar domestik yang besar, peran global Indonesia pada kancah Internasional serta adanya dukungan penuh dari pemerintah. Sehingga dapat dikatakan bahwa Indonesia telah siap sepenuhnya untuk menerima dan mengelola investasi terbaik anda.

Kisaran investasi bisnis di Indonesia sendiri sangatlah luas mulai dari sektor pertanian, sektor industri, sektor infrastruktur, sektor pariwisata dan sektor maritim. Semua sektor tersebut merupakan sektor unggulan yang berpotensi besar di Indonesia, sebagai negara agraris maka Indonesia dikarunia oleh keragaman sumber daya alam yang otentik dan asli keragam sumber daya alam tidak hanya terdapat di darat melainkan juga ke lautan terlebih sebagai negara yang terdiri dari ribual kepulauan kekayaan alam Indonesia semakin beragam sehingga potensi sektor pertanian, pariwisata serta maritim memiliki keunggulannya sendiri. Selanjutnya Indonesia sebagai negara berkembang maka membutuhkan pembangunan infrastruktur yang berfungsi untuk kebutuhan masyarakat luas. Selain itu Indonesia memiliki angkatan kerja yang profesional terdidik maka melalui investasi ini dapat menyerap banyak tenaga kerja profesional di bidangnya.

Melalui BKPM atau yang dikenal juga dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia berperan untuk melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanam modal yang telah diatur dalam Undang-undang. BKPM sendiri memiliki tujuan untuk mendapatkan investasi bisnis yang berkualitas dimana tidak hanya berdasarkan jumlah banyaknya investasi yang ditanamkan tetapi investasi yang mampu memperbaiki kondisi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat serta mampu mengurangi jumlah penggangguran. Oleh karena itu tentu melalui kerjasama yang terjalin melalui BKPM ini anda tidak hanya mendapatkan keuntungan secara materil namun juga melalui kredibilitas karena telah mampu memberikan sumbangan untuk ikut serta memajukan kehidupan sosial masyarakat.