Makanan Khas dari 6 Daerah di Indonesia

Makanan Khas dari 6 Daerah di Indonesia

Masakan Indonesia
Makanan Khas dari 6 Daerah di Indonesia

Makanan Khas dari 6 Daerah di Indonesia

Jika kita membicarakan masakan Indonesia memang tidak akan ada habisnya, karena selain Indonesia merupakan Negara dengan ragam budayanya, Indonesia juga memiliki banyak kuliner yang khas dari kotanya masing-masing yang wajib anda coba. Wisata kuliner pun merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia terutama ke kota-kota yang mempunyai ciri khas kulinernya sendiri.

Beberapa masakan Indonesia yang bisa menjadi ciri khas dari suatu daerah, diantaranya:

  • Bubur Tinutuan, merupakan sebuah bubur yang sangat nikmat jika dimakan pada pagi hari, makanan ini berasal dari Menado
  • Tempoyak, yaitu makanan yang berasal dari fermentasi durian yang dicampur dengan ikan pepes atau pindang, makanan ini berasal dari Sumatera.
  • Ikan arsik, merupakan makanan khas Tapanuli dengan bahan utamanya yaitu ikan mas yang diberi rempah-rempah khas nusantara.
  • Sate ambal, merupakan makanan khas Jawa Tengah, jika dilihat sekilas kalau dilihat sate ini tak jauh dari sate padang, namun bumbu rempah-rempahnya sangat menggugah selera nafsu makan anda.
  • Orok orok, makanan yang memiliki bahan utama berupa tepung yang kemudian diolah, makanan ini berasal dari Jepara.
  • Nasi gandul, makanan yang memiliki bahan utama yaitu nasi yang ditambah dengan daging sapi disajikan di atas daun pisang. Makanan ini khas dari Pati Jawa Timur

Baca juga: Teh Sariwangi