Masakan Khas Lombok

Masakan Khas Lombok

Masakan Indonesia
Masakan Khas Lombok

Masakan Khas Lombok

 Selain terkenal akan wisata bahari yang indah di sepanjang pinggiran pulaunya, Lombok sangat terkenal akan masakan khasnya, seperti Beberuk Terong, Ayam Taliwang dan Beberuk Terong. Bila Anda singgah ke sana tak ada salahnya untuk mencicipi salah satu masakan Indonesia ini. Namun tidak perlu jauh-jauh ke Lombok hanya untuk memuaskan lidah Anda.  Makanan-makanan khas kota-kota Indonesia bisa dinikmati meluas yang sudah tersebar di kota-kota ataupun bisa Anda coba masak sendiri.

Berikut pilihan kuliner masakan Indonesia khas Lombok yang patut Anda cicipi atau bahkan coba dimasak.

  1. Plencing Kangkung

Makanan berbahan kangkung yang direbus dan disajikan dingin dan segar dengan tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng, sambal tomat. Sambal tomat terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Kangkung yang digunakan bukan sembarang kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa. Perlu metode khusus untuk menghasilkan kangkung dalam masakan ini.

2. Ayam Taliwang

Dalam memasak Ayam Taliwang tidak bisa dengan sembarangan. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung dengan umur 4 bulanan. Ayam yang masih muda akan terasa lebih manis. Ayam taliwang bisa disajikan dengan digoreng, panggang ataupun dibakar.

3. Beberuk Terong

Terong yang digunakan adalah terong jenis gelatik yang mempunyai tekstur renyah. Potong terong berbentuk dadu. Haluskan bumbu yang terdiri dari cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam, dan minyak goreng. Siram bumbu tersebut diatas potongan terong mentah dan tambahkan perasan jeruk limau.

Untuk memberikan hasil rasa yang pas, berilah bumbu penyedap Royco yang memang cocok dengan lidah masyrakat Indonesia. Selamat mencoba.

Baca juga: Teh Sariwangi