Teh Sariwangi

Telah menjadi tradisi baik di Indonesia, Jepang, Cina dan Negara lain menyeduh teh menjadi minuman yang dapat menghangatkann tubuh serta suasana saat berkumpul bersama keluarga. Di Indonesia sendiri terutama di daerah tertentu seperti di Jogja, meminum seduhan air teh merupakan taradisi yang dilakukan setiap pagi. Meskipun teh memiliki kandungan kafein, tapi kandungan tersebut tidak membahayakan tubuh seperti kafein pada kopi, sehingga apabila anda minum seduhan teh setiap hari dapat tetap dilakukan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyeduh teh tersebut, dan pemilihan teh celup yang berkualitas seperti teh sariwangi yang telah menjadi tradisi untuk dibuat seduhan teh sehat alami setiap pagi dan waktu lainnya.

Selain memperhatikan cara penyeduhan teh, anda juga perlu memperhatikan tempat dan cara menyimpan teh celup agar tidak mudah rusak dan tidak mudah di makan oleh serangga-serangga yang ada di dapur anda. Maka dari itu tips menyimpan dan menyeduh teh celup di bawah ini akan bermanfaat untuk anda karena berikut ini adalah cara benar dan tepat menyimpan dan menyeduh teh sariwangi celup di rumah anda.

1. Tips penyimpanan teh celup, dapat anda lakukan dengan tidak mengeluarkan teh celup dari kotak teh yang disediakan saat anda membelinya. Kotak teh celup yang masih tersegel dapat anda simpan di tempat yang sejuk juga kering agar dapat tahan lama bahkan hingga berbulan-bulan. Saat anda menggunakan teh celup tersebut satu demi satu, maka sisanya simpanlah di wadah yang kedap udara, karena paparan udara dapat menimbulkan teh kehilangan rasa dan menjadi basi. Untuk menyiasatinya anda dapat menggunakan toples bening yang terbuat dari kaca sebagai tempat penyimpanan teh celup, dan hindari menggabungkan beberapa merek teh dalam satu wadah.

2. Tips penyeduhan teh celup, dapat anda lakukan dengan menggunakan air panas, pilihlah air yang berasal dari galon atau yang sudah dimasak agar tidak menghilangkan citarasa alami dari teh itu sendiri. Perhatikan suhu penyeduhan, seperti saat anda menyeduh teh hitam, suhu air haruslah sampai mendidih. Selain itu waktu seduhan teh celup dapat dilakukan selama 3 sampai 5 menit sampai teh tercampur dengan air dan berubah warna menjadi kecokelatan.