ketuban pecah dini

3 Hal Penyebab Ketuban Pecah Dini

Beruntung bagi anda yang kini sudah dikaruniai kehamilan dari Tuhan yang Maha Kuasa, dimana tidak setiap orang bisa memperoleh kehamilan karena beberapa alasan baik medis ataupun yang lainnya. Karena itulah, kehamilan mesti di jaga dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena  pada masa kehamilan merupakan masa yang paling rentan terutama anda yang berada di masa kehamilan trimester pertama. Akan tetapi bagi anda yang sudah mau melahirkan pun atau berada di usia kandungan 9 bulan, mesti menjaga dengan sebaiknya baik dari segi makanan, sikap, ataupun aktivitas yang biasa dilakukan. Jangan sampai beberapa penyebab ketuban pecah dini anda alami sehingga proses lahiran jabang bayi menjadi bermasalah.

Permasalahan ketuban pecah dialami sebelum waktunya persalinan atau masa kehamilan 37 sampai 38 minggu. Peristiwa seperti ini perlu diseriusi dan dihindari, karena dapat menyebabkan beberapa hal yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin. Ada banyak penyebab ketuban pecah dini diantaranya yaitu :

  1. Kurangnya perawatan ketika masa kehamilan
    Pada masa kehamilan, ibu harus senantiasa menjaga pola hidup sehat dalam kesehariannya. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan selalu memeriksakan keadaan kehamilannya pada bidan ataupun dokter kandungan. Pemerintah telah memberikan buku panduan khusus bagi ibu hamil yang di dalamnya terdapat banyak pelajaran tentang perawatan ketika masa kehamilan.
  2. Memiliki riwayat kelahiran premature
    Bagi anda yang memiliki riwayat kelahiran premature, tentunya Rahim anda akan mengalami infeksi sehingga ketika anda hamil kembali maka harus benar-benar dijaga sebaik mungkin. Namun tak perlu kecil hati, karena tidak semua mereka yang memiliki riwayat kelahiran premature berpotensi memiliki masalah pecah ketuban dini.
  3. Kebiasaan buruk saat kehamilan
    Beberapa kebiasaan atau pola hidup yang tidak baik saat kehamilan dan dilarang bagi wanita hamil memang mesti dihindari seperti mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, merokok, ataupun yang lainnya. Hal ini akan sangat berbahaya dan dapat menyababkan permasalahan yang mengganggu terhadap proses kelahiran.

Itulah beberapa hal yang mesti dihindari ketika anda berada pada masa kehamilan, karena akan berdampak tidak baik bagi anda dan juga janin yang sedang dikandung.