Industri Pariwisata Meningkatkan Devisa Negara

Banyaknya destinasi pariwisata yang ada di Indonesia membuat banyak sekali turis asing datang untuk menikmati keindahan serta budaya Indonesia. Selain turis asing, turis domestik juga banyak yang melakukan liburan dengan pergi ke tempat wisata yang ada di Indonesia. Sekarang ini yang sedang diminati banyak wisatawan untuk pergi berwisata adalah menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Banyak sekali destinasi tempat wisata yang ada di Indonesia mulai dari wisata alam seperti laut, gunung, danau, sungai, green canyon, padang rumput, curug atau air terjun serta masih banyak lagi wisata alam yang menjadi pilihan para wisatawan baik asing maupun domestik untuk berlibur menikmati indahnya alam Indonesia. Di Indonesia sendiri industri pariwisata ini pelayanannya masih kurang baik karena keterbatasan campur tangan dari pemerintah. Padahal sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling banyak memberikan devisa bagi Negara karena banyaknya wisatawan yang penasaran dan menyukai kegiatan eksplor wisata alam yang yang banyak melimpah di Negara kita ini.

Industri pariwisata juga sangat membutuhkan campur tangan pemerintah uuntuk meningkatkan kualitas, keamanan, serta menjaga keindahan wisata alam tetap terjaga dengan baik. Sangat disayangkan jika destinasi wisata alam yang mengundang banyak perhatian wisatawan menjadi rusak dan tidak terawat karena kurangnya perhatian dari berbagai pihak. Hal ini banyak terjadi di beberapa tempat wisata yang kurang perhatian serta kurang perawatan karena tidak ada dana yang cukup untuk mempekerjakan orang entah itu untuk menjaga serta pekerja kebersihan. Namun sebenarnya kesadaran masyarakat juga sangat berpengaruh besar terhadap keindahan wisata alam. Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kebersihan lingkungan membuat tingkat kebersihan tempat wisata alam enjadi sangat buruk. Bahkan beberapa wisata alam mengalami kerusakan akibat banyaknya sampah yang berserakan. Padahal wisata alam adalah wisata yang dicari masyarakat untuk menikmati keindahan alam yang memukau untuk refreshing.

Sekali lagi, industri pariwisata khususnya wisata alam merupakan salah satu asset yang dimiliki oleh Negara dan keindahannya hanya ada di Negara Indonesia. Jadi untuk menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik harus adanya strategi pemasaran dan promosi yang baik. Peningkatan kualitas pelayanan, fasilitas, keamanan, serta kenyamanan harus sangat diperhatikan. Pelayanan yang diberikan bisa berupa pemandu wisata yang siap memandu wisatawan saat melakukan wisata alam. Sedangkan fasilitas yang diberikan bisa berupa tempat untuk menginap seperti menyediakan tenda untuk melakukan camp dan masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian wisatawan.

Salah satu tindakan sederhana yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk membantu membangun serta menjaga keindahan wisata alam adalah dengan memberikan atau menanamkan modal pada industri pariwisata. Bagi anda yang tertarik menanamkan modal untuk peningkatan kualitas pelayanan di sektor pariwisata, anda dapat menanamkan modal melalui BKPM (badan koordinasi penanaman modal) untuk meningkatkan kualitas di sektor pariwisata.