Prosedur di dalam Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Membuka usaha sendiri memang sangat diperlukan buat kita semua, terlebih ketika memasuki era minimnya jumlah lapangan pekerjaan saat ini. Namun sebelum kita membuka usaha, tak ada salahnya bila sebagai warga negara Indonesia yang baik kita mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan atau biasa disingkat SIUP. Adapun prosedur yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut.

Prosedur yang pertama anda harus datang sendiri ke kantor dinas perdagangan untuk mengambil surat permohonan atau formulir pendaftaran. Selanjutnya anda sebagai termohon mengisikan data isian secara lengkap sesuai dengan yang diminta dan tertera di formulir tersebut. Namun jika anda berhalangan hadir, anda juga bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurusnya selanjutnya anda tanda tangani sesuai prosedur.

Prosedur yang ke dua anda selanjutnya diminta untuk melengkapi semua berkas yang diwajibkan oleh kantor dinas perdagangan setempat. Pada umunya untuk berkas yang diminta bisa berbeda-beda tergantung akan jenis usaha yang akan anda buka. Bila anda berhalangan hadir, anda bisa pula memberikan kuasa kepada orang lain dengan disertai tanda tangan bermaterai Rp6000.

Prosedur yang ke tiga anda selanjutnya akan diperkenankan untuk membayar tarif pembuatan SIUP. Untuk nominal harga yang harus anda bayarkan biasanya berbeda-beda, tergantung akan jenis usaha yang akan anda buka. Berdasarkan peraturan pemerintah, SIUP dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu SIUP Kecil, SIUP Menengah, dan yang terakhir SIUP Besar.

Prosedur yang terakhir anda diperkenankan untuk menunggu proses pencetakan SIUP yang akan dilakukan langsung oleh dinas perdagangan setempat. Biasanya anda akan disuruh untuk menunggu proses cetaknya selambat-lambatnya 2 minggu setelah proses pengajuan berlangsung. Bila sudah jadi, biasanya anda akan dihubungi secara langsung oleh petugas untuk mengambil SIUP.

Tak sedikit pengusaha yang akan membuka bisnisnya memang hingga saat ini masih banyak yang terkendala dengan dana/ modal. Nah, dalam hal ini BKPM sebagai penyelenggara dan penyaluran mengenai permodalan mungkin menjadi solusi terbaik bagi para pengusaha tersebut.