Kandungan Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Usia Kehamilan

Kandungan Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Usia Kehamilan

Kandungan Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Usia Kehamilan
Kandungan Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Usia Kehamilan

Di usia kehamilan yang memasuki usia 7 bulan, bayi mulai di posisi siap lahir. Pada awal usia kehamilan 7 bulan, bayi yang Anda kandung akan memiliki bobot lebih dari 1 kg dengan panjang kurang lebih 38,6-39 cm dan akan menjadi sangat aktif. Tidak hanya terjadi perubahan pergerakan pada janin namun juga tubuh ibu. Ibu akan mengalami konstipasi, sakit perut serta buang air yang tidak teratur, kaki yang lebih besar serta susah bernafas karena rahim yang menekan serta bobot bayi yang meningkat.

Untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu, diperlukan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin. Pertama adalah makanan yang tinggi akan zat besi untuk mencegah anemia serta kemungkinan dari resiko pendarahan ketika persalinan. Tubuh ibu hamil memerlukan sekitar 27 mg zat besi per harinya karena kekurangan zat besi tidak hanya dapat menyebabkan anemia namun juga kelelahan, darah rendah dan resiko kelahiran yang prematur.

Kedua adalah protein. Di masa kehamilan 7 bulan, protein sangat baik untuk menguatkan kandungan dan meningkatkan berat badan dari janin Anda. kebutuhan protein per harinya sekitar 40-70 gr dan jika kekurangan protein dapat menyebabkan tubuh lemah, mudah terserang penyakit, lelah, badan. Ketiga adalah kalsium sekitar 1000 mg/hari. Kalsium sangat bermanfaat untuk membentuk dan menguatkan tulang pada janin serta mencegah ibu terserang osteoporosis yang diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon saat hamil dan setelah melahirkan.

Nutrisi lain yang harus dipenuhi saat kehamilan memasuki usia 7 bulan yaitu:

  • DHA sebesar 200 mg/hari untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak sejak di kandungan.
  • Magnesium sebanyak 350-400 mg per hari untuk membantu penyerapan mineral kalsium dan membantu agar kram kaki tidak berlebihan, mencegah kelahiran prematur serta membantu menurunkan rasa nyeri otot.
  • Serat untuk mencegah konstipasi atau susah BAB.
  • Asam folat.
  • Vitamin C untuk menjaga sistem imun ibu sehingga tidak mudah terserang penyakit, menjadi antioksidan serta menjaga kesehatan janin hingga lahir.
  • Makanan beryodium seperti dari makanan laut untuk pembentukan sel baru dan mengurangi resiko bayi lahir kerdil.
  • Kalori untuk membantu menyeimbangkan berat badan.

Selain makanan yang bernutrisi untuk usia kehamilan 7 bulan, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan untuk kelahiran serta mengurangi aktivitas yang terlalu berat sehingga tidak membebani Anda. Agar kondisi tetap terjaga hingga masa melahirkan, konsumsi juga susu hamil seperti Lactamil Pregnasis. Susu hamil ini mengandung asam folat, vitamin D, zat besi, kalsium serta protein yang sangat diperlukan untuk tubuh ibu dan perkembangan janin. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, tentu kesehatan ibu dan janin akan semakin terjaga. Jadi, pilih dan sediakan Lactamil Pregansis untuk masa kehamilan yang sehat!
Sumber : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/ini-3-cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat